Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Sempat Berjaya, 5 Perusahaan Teknologi Besar Ini Diambang Kehancuran

Indri Penulis

Halo Urban People, yang namanya roda kehidupan pasti selalu berputar. Ada kalanya seseorang berada di bawah, kemudian jadi di atas dan sebaliknya. Hal itu ternyata juga bisa terjadi pada industri bisnis manapun. Termasuk industri teknologi.

Ada banyak perusahaan yang bisa mengikuti trend teknologi yang ada. Tapi sayangnya, ada juga beberapa perusahaan yang justru tidak bisa mengikutinya.

popculture.id

Banyak perusahaan teknologi yang harus bolak-balik memutar otak supaya bisa menciptakan suatu inovasi cemerlang. Kalian pasti tahu, berbagai aplikasi populer seperti WhatsApp, Facebook atau Instagram. Pengembang aplikasi ini selalu menciptakan inovasi baru supaya pengguna mereka tetap betah menggunakannya dan tidak beralih ke aplikasi lainnya.

Misalnya seperti Instagram, aplikasi ini kerap memberikan fitur-fitur baru untuk pengguna. Seperti yang paling baru adalah fitur ‘Ask Me Question’ yang kini sedang booming. Nah dengan membuat berbagai hal baru, akan bisa membuat perusahaan mereka tetap bertahan di pasaran.

[irp posts=”53974″ name=”5 Tips Ampuh Menjadi Selebgram di Instagram TV”]

Tapi untuk perusahaan teknologi yang tidak bisa menciptakan suatu inovasi yang baru? Bagaimana nasib mereka?

Teknologi itu selalu berkembang. Sebagai contoh aplikasi. Ketika pertama rilis, aplikasi tersebut menyedot perhatian banyak orang bahkan sampai didownload berjuta-juta orang. Tapi jika perusahaan aplikasi tersebut tidak bisa menciptakan hal yang baru juga unik, otomatis pengguna akan bosan dan beralih mencari aplikasi lain yang menawarkan fitur lebih canggih dan menarik. Jadi tidak heran kalau kini ada banyak perusahaan teknologi yang dulu sempat berjaya, namun kini terancam gulung tikar.

Nah mengenai kebangkrutan dari perusahaan-perusahaan ini, sebenarnya sama sekali tidak bisa diprediksi kapan waktunya. Banyak dari mereka dulu pernah jadi perusahaan terbaik, tapi kini tengah menghadapi kebangkrutan.

Berikut ini ada 5 perusahaan teknologi besar yang dulu berjaya, kini terancam bangkrut.

BlackBerry

Sumber Gambar : Oke Tekno

Siapa sih yang tidak kenal dengan perusahan ternama ini? Dulu sempat berjaya dan merajai pasaran handphone. Orang-orang di sekeliling kalian dulu pasti hampir semua memakai HP Blackberry kan? Namun sayangnya waktu kejayaan BlackBerry kini sudah habis. Setelah mereka tidak lagi memprivatisasi aplikasi BBM Messenger, kemudian beralih menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Sampai saat ini, perusahaan BlackBerry paling hanya akan meluncurkan 1-2 ponsel saja tiap tahunnya.

Yahoo!

Sumber Gambar : Daily Social

Perusahaan ini dulu memang yang paling sering disebut sebagai pesain terbesar Google. Tapi kenyataannya, kini mereka harus mengakui kekalahan dengan Google. Terancam kebangkrutan sejak mundurnya CEO Yahoo! yakni Marissa Mayer. Selain itu sempat adanya kebocoran data pengguna yang mencapai ratusan juta, menyebabkan banyak pengguna Yahoo! yang kemudian berpaling. Itulah beberapa hal yang membuat Yahoo! kehilangan nama dalam industri teknologi.

[irp posts=”52953″ name=”Selamat Tinggal Yahoo Messenger!”]

Toshiba

Sumber Gambar : Kanal Informasi Perburuhan

Perusahaan ini dulu terkenal dengan berbagai laptopnya yang canggih. Tapi secara mengejutkan di tahun 2016, Toshiba justru menutup beberapa pabriknya yang ada di dunia. Termasuk salah satunya di Indonesia. Hal tersebut tidak lepas dari permintaan yang kian menurun.

Panasonic

Sumber Gambar : Qerja

Perusahaan ini akhirnya menuai nasib yang sama dengan Toshiba. Walaupun dulu sempat mensponsori berbagai acara penghargaan televisi bergengsi di Indonesia. Pada tahun 2016, justru Panasonic akhirnya menutup pabrik yang ada di Indonesia. Alhasil banyak karyawan yang di PHK, dan menyebar pengangguran dimana-mana.

Sony

Sumber Gambar : Takarir

Kalian tidak akan asing dengan perusahaan satu ini bukan? Yup, Sony saat ini juga terancam kebangkrutan. Mereka kini hanya bergantung pada PlayStation buatannya. Sementara itu, beberapa waktu lalu Sony sempat menjual merek dagang mereka yaitu Vaio untuk menutupi kebangkrutan. Bukan hanya itu saja, sempat beredar kabar juga kalau mereka kini tengah menunggu investor yang mau membeli merek dagang Bravia dan Xperia.

Nah itulah 5 perusahaan teknologi yang kini tengah siap-siap gulung tikar. Siapa yang menyangka, perusahaan yang dulu sangat besar dan tenar di seluruh dunia. Kini justru tengah berada di ujung tanduk dan bahkan sampai belum bisa menentukan seperti apa nasib perusahaan kedepan.

    %d blogger menyukai ini: