Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Terlalu Sering Menggunakan Handphone? Cek di Screen Tracker

Anom Penulis

Apa kamu terlalu sering menggunakan handphone? Mungkin pertanyaan ini terlihat janggal di era smartphone sekarang. Namun di sisi lain, diskusi tentang bahaya terlalu sering menggunakan handphone juga banyak terjadi. Kalau kamu ingin mengetahuinya, aplikasi Screen Tracker bisa membantu.

Pada dasarnya, aplikasi Screen Tracker akan mencatat ketika kamu membuka (unlock) handphone kamu. Lalu catatan itu akan ditampilkan tiap hari, jumlah yang terlihat adalah jumlah terakhir beserta durasi untuk hari itu. Kamu bisa juga melihat penggunaan hari sebelumnya dengan swipe layar (penggunaan besok menunjukkan nol).

Selain itu, aplikasi ini juga bisa menunjukkan grafik penggunaan handphone dalam seminggu. Dengan demikian, kita bisa melihat hari apa saja kita paling sering menggunakan handphone, juga berapa lama total waktu kita habiskan.

Data yang lebih detil juga tersedia. Laporan ini menampilkan berapa kali dan berapa lama penggunaan handphone kita lakukan tiap jam. Yang menarik, juga terdapat informasi kondisi baterai saat itu.

Tidak hanya laporan seberapa sering kita menggunakan handphone. Aplikasi Screen Tracker juga menampilkan informasi berdasar lokasi. Kita bisa melihat di mana saja kita menggunakan handphone.

Secara keseluruhan, aplikasi ini cukup berguna. Kita bisa melihat apakah kita ini memang terlalu sering menghabiskan waktu dengan gadget kita, terlalu gelisah menunggu balasan gebetan (cek notifikasi terus!), atau sekedar ingin tahu kapan baterai kita jadi boros.

Aplikasi Screen Tracker bisa didapat dengan harga Rp12.300. Aplikasi ini juga menyediakan versi trial, untuk bisa digunakan secara gratis selama tiga hari. Aplikasi ini dirilis oleh Perfect Thumb, salah satu developer dengan aplikasi bagus, seperti Perfect Tube, Perfect Music, dan Perfect Recorder.