Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Sering Tak Sadar, Ternyata Teknologi Penting ini Selalu Ada di Sekitarmu dari Zaman Dulu

Jika kita sering mendengar kata teknologi, mungkin semua hal yang ada dipikiran kita adalah tentang barang-barang yang berhubungan dengan dunia maya dan barang elektronik lainnya.

Padahal makna kata teknologi sebenarnya lebih dari itu, teknologi juga bisa diartikan sebagai sebuah inovasi dari manusia yang dapat membantu mereka untuk menciptaan rasa yang lebih nyaman.

popculture.id

Dan itu artinya, semua hal yang kita  gunakan sekarang adalah sebuah teknologi, teknologi pun terdiri dari berbagai macam jenis, mulai dari yang terlihat penting hingga yang tidak penting.

Semua jenis teknologi juga memiliki sejarah dan prosesnya masing-masing, untuk sekarang kita hanyalah sebagai pemakainya.

Seringkali kita tak sadar jika teknologi yang kita anggap biasa saja, justru malah selalu membantu kita disetiap keadaan.

Nah, untuk mengingatkan kalian tentang teknologi apa saja yang terlihat tidak penting namun justru malah selalu dibutuhkan, di bawah ini adalah beberapa teknologi yang sering terlupakan.

Kabel

Sumber Gambar : russian.alibaba.com

Yang pertama adalah Kabel. Kabel adalah salah satu teknologi yang paling penting untuk membantu kehidupan manusia.

Sebenarnya kabel sudah hadir sejak pertengahan abad ke-19 dan 20, namun tidak diketahui dengan jelas siapakah penemu kabel ini.

Banyak yang mengatakan jika penemunya berhubungan dengan Thomas Alva Edison, yaitu seorang penemu arus listrik CD dan lampu.

Pada awalnya, Edison membangun sebuah perusahaan yang bernama Edison Illuminating Company di tahun 1880.

Perusahaan yang membangun sistem pendistribusian listrik ini, menggunakan material tembaga untuk menyalurkan listrik dan melindungi tembaga tersebut dengan pelindung agar terhindar dari cuaca buruk.

Dan dari situlah penggunaan kabel mulai beredar, dan semakin digunakan untuk berbagai alat modern lainnya.

Kipas angin

Sumber Gambar : jualelektronik.com

Semenjak listrik ditemukan, akhirnya mulai banyak inovasi yang bertenaga listrik diciptakan, salah satunya adalah kipas angin ini.

Padahal sebenarnya konsep kipas angin ini sudah ada sejak 500 tahun yang lalu sebelum masehi, di India. Selain itu teknologi kipas angin ini juga sudah ditemukan di Cina pada era dinasti Han.

Namun untuk pengaplikasiannya menggunakan tenaga listrik baru muncul di tahun 1880.

Kipas angin listrik ini pertama kali ditunjukan oleh Schuyler Wheeler, ia menunjukan pada dunia jika kipas angin tak perlu lagi menggunakan kerosin, alkohol atau minyak untuk memutarnya.

Kemudian selanjunya dikembangkan lagi menjadi kipas angin langit-langit oleh Philip Diehl.

Jadi bersyukurlah karena sekarang kalian tak perlu merasakan panas lagi, berkat penemuan-penemuan ini.

Kulkas

Sumber Gambar : lg.com

Konsep kulkas pertama kali datang dari rumah es yang digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan, dan konsep itu terus dikembangkan hingga abad ke 18.

Dan pada pertengahan tahun 1830, sebuah kulkas dengan sistem pengopresan uap air akhirnya tercipta,dan dari situlah perjalanan dari kotak beku ini dimulai.

Namun inovasi baru tersebut nampaknya baru dikomersialkan untuk produk rumahan di 80 tahun kemudian, yaitu pada tahun 1913.

Seseorang yang bernama Fred W. Wolf adalah penemu dengan desain pertamanya, yaitu sebuah unit yang memiliki kotak es dibagian atasnya.

Dan selang satu tahun kemudian, Nathaniel B. Wales akhirnya mengembangkannya menjadi kulkas listrik yang sepenuhnya ditenagai dengan energi listrik.

Sejak itu, dari tahun ke tahun semakin banyak pengembang kulkas yang menambahkan berbagai fitur otomatis  pada kulkas. Hingga yang terbaru kabarnya ada kulkas dengan sistem digital.

Nah, itu dia beberapa teknologi yang seringkali kita tak sadar jika kehadirannya ternyata sangat memabantu kehidupan manusia.

    %d blogger menyukai ini: