Server NAS Rp 3 Juta Bisa Dipakai di Rumah, Tapi Buat Apa?

synology

Mendengar istilah server NAS, memang pada umumnya produk tersebut ditujukan untuk perusahaan. Selain itu server NAS juga mempunyai harga yang sangat mahal, mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Namun saat ini telah ada Synology, yang khusus diperuntukkan sebagai server rumahan. Harga yang ditawarkan tidak mencapai puluhan juta rupiah. Synology untuk rumah hanya dibanderol dengan harga sekitar 3 juta rupiah saja.

Produk tersebut diberi nama dengan DiskStation DS218J. Apa saja yang dapat dilakukan oleh server NAS versi murah ini?

Sebenarnya PC dapat dijadikan sebagai server di rumah. Namun ada beberapa hal yang menjadi kelemahan, yaitu ukuran terlalu besar dan penggunaan listrik sangat besar. Hal ini karena PC wajib hidup selama 24 non-stop.

Namun dengan menggunakan produk dari Synology DiskStation DS218J, maka hal tersebut dapat teratasi dengan mudah.

Synology DiskStation DS218J mempunyai ukuran yang kecil, yaitu sebesar kotak bekal makanan. Hal ini membuat produk tersebut mudah ditempatkan dimana saja.

Dengan menggunakan produk Synology DiskStation DS218J, maka pemakaian listrik bisa diminimalisir yaitu sekitar 5 – 15 watt. Hal tersebut hampir sebanding dengan penggunaan satu buah bola lampu.

Untuk pemasangan Synology DiskStation DS218J sangat mudah. Pengguna tidak membutuhkan bantuan dari tenaga ahli.

Sumber Gambar : PCMag

Pengguna hanya cukup membuka dua baut plus. Selanjutnya produk Synology DiskStation DS218J sudah bisa dibuka. Memasang perangkat tersebut juga sangat sederhana, sebab tidak ada banyak kabel yang berserakan seperti biasanya.

Setelah itu pengguna hanya perlu menghubungkan server dengan kabel power serta jaringan. Bila sudah begitu, kini saatnya mulai melakukan setting. Setting dapat dilakukan melalui smartphone Android maupun laptop Windows.

Apabila sudah melakukan setting, maka server NAS otomatis akan memasang sistem operasi DSM (Disk Station Manager). Begitu proses pemasangan sudah selesai, maka server NAS sudah siap digunakan.

Sebenarnya ada banyak manfaat yang dapat diperoleh ketika memiliki server NAS di rumah. Beberapa manfaat tersebut diantaranya:

Server Download/Upload Untuk Gamer maupun YouTuber

Kalian bisa bayangkan, apabila mengunduh game baru dengan ukuran 100GB seperti Red Dead Redemption 2. Atau kalian mengunggah video YouTube berukuran besar.

Tentunya gadget kalian tidak akan dapat digunakan. Hal tersebut karena bandwidth yang digunakan untuk proses download dan upload dapat memakan banyak waktu, bisa seharian penuh atau satu minggu.

Namun dengan menggunakan server NAS, maka aktivitas bermain gadget yang semacam itu tidak akan pernah terganggu. Ditambah lagi server NAS hemat listrik, kalian bisa puas bermain gadget 24 jam non-stop.

BACA JUGA
Inilah Beberapa Alasan Harga Paket Internet di Indonesia Mahal

Bisa Sebagai Server CCTV

Demi keamanan rumah, tidak ada salahnya untuk memasang CCTV. Namun mayoritas penghuni rumah mengurungkan hal tersebut, karena biaya pemasangan CCTV sangat mahal.

Selain itu ketika memasang CCTV, maka penghuni rumah harus mempersiapkan server juga. Pada umumnya server untuk CCTV sangat mahal.

Sebenarnya ada CCTV yang tidak membutuhkan server, melainkan hanya menggunakan micro SD. Namun tentunya kemampuan merekam tidak dapat bertahan lama. Hal ini tentu sangat merepotkan nantinya.

Server NAS saat ini sudah mengizinkan untuk terhubung dengan perangkat IP kamera apapun, bahkan untuk smartphone sekaligus. Dengan begitu, CCTV dapat diakses dari mana dan kapan saja.

Ruang Penyimpanan Tambahan untuk Gadget

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan, untuk menambah ruang penyimpanan di dalam gadget. Seperti menggunakan micro SD atau hardisk eksternal, atau bisa juga memanfaatkan cloud storage.

Salah satu keunikan dalam produk Synology DiskStation DS218J adalah ini. Dimana produk tersebut dapat diubah menjadi cloud storage, layaknya Drop Box maupun Google Drive.

Pengguna server NAS bisa tenang, sebab server ini tidak membutuhkan biaya tambahan. Selain itu, data bisa tersimpan lebih aman. Tidak ada batasan ketika pengguna menyimpan data di dalam server tersebut.

Ada komentar?