Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Cara Pasang Shortcut Google Password Manager di Beranda Android

Indri Penulis

Sekarang kamu pasang shortcut Google Password Manager di layar beranda Android lho. Simak cara lengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Google menawarkan fitur pengelola kata sandi bawaan di Chrome dan Android. Fitur ini akan secara otomatis menyimpan dan menyinkronkan semua detil login kamu di seluruh perangkat. Fitur ini juga akan memudahkan kamu untuk login ke berbagai aplikasi dan layanan apapun hanya dengan ‘sekali klik.’

popculture.id

Masalahnya, fitur ini nggak ada aplikasinya sendiri guys. Google Password Manager bisa dibilang hanya sebagai layanan pengisian otomatis, bukan pengelola kata sandi mandiri. Untuk mengakses layanan ini, kamu perlu menyelam jauh ke pengaturan ponsel Android untuk mengakses kredensial login yang disimpan.

Tapi kabar bagusnya, lewat update terbaru Google Play, Google telah memungkinkan pengguna Android untuk menambahkan shortcut Google Shortcut Password di layar beranda ponsel Android. Dengan kemampuan ini, pengguna Android bisa langsung membuka daftar kredensial login yang tersimpan di pengelola kata sandi Google.

Terus bagaimana cara pasang shortcut Google Password Manager di layar beranda ponsel Android? Oke, sebelum saya kasih tahu caranya, pertama, pastikan Google Play Service kamu sudah update ke v22.18. Nah kalau sudah update, sekarang tinggal praktikkan langkah-langkah ini:

  • Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Android.
  • Selanjutnya gulir layar ke bawah dan pilih menu “Privasi.”
  • Selanjutnya pilih “Layanan isi otomatis Google.”
  • Klik opsi “Sandi” atau “Kata Sandi.”
  • Selanjutnya klik ikon pengaturan yang ada di pojok kanan atas layar.
  • Sekarang klik menu “Tambahkan pintasan ke layar utama.”
  • Sekarang konfirmasi perintah dengan klik tombol “Tambahkan ke Layar utama.”

Voila~ Sekarang bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini. Di layar beranda ponsel Android-mu sekarang ada shortcut yang ketika kamu buka nantinya bakal menampilkan kredensial login-mu secara lengkap.

Walaupun nggak bisa ditaruh ke app drawer, tapi setidaknya kalau kamu mau mengakses kredensial login di aplikasi / layanan apapun, sekarang bisa dilakukan hanya dengan satu klik.

Tapi ada satu hal yang masih bikin saya mengganjal. Di sini Google belum membekali shortcut dengan sistem keamanan seperti PIN atau sensor biometrik. Jadi setiap orang yang bisa mengakses ponsel kita, nantinya akan bisa melihat semua kredensial login dengan mudah.

Jujur, menurut saya ini bahaya banget. Apalagi kalau kita menyimpan kredensial login untuk aplikasi dan layanan-layanan sensitif. Hm.. Mungkin ini bisa jadi PR buat Google nantinya.

    %d blogger menyukai ini: