Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

14 Shortcut Rahasia di Steam Deck yang Perlu Kamu Tahu (Bikin Screenshot, Klik Kanan, dll)

modifikasi steam deck
Indri Penulis

Ada banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan di Steam Deck. Pastikan kamu tahu beberapa shortcut rahasia di Steam Deck berikut ini ya.

Steam Deck adalah konsol genggam bikinan Valve yang mengkolaborasikan kemudahan Nintendo Switch pas bepergian + kekuatan PC gaming. Salah satu hal yang menarik dari konsol genggam ini adalah dia kompatibel dengan banyak game PC langsung dari kotaknya.

popculture.id

Steam Deck sudah mulai dijual sejak tanggal 25 Februari 2022. Walaupun Valve belum secara terang-terangan (lebih tepatnya mungkin beluma ada wacana) meluncurkan Steam Deck ke Indonesia, taip sebagian penggemar di Indonesia yang sebelumnya ikut reservasi/pemesanan, mungkin sekarang sudah mendapatkan Steam Deck impian mereka. Pasalnya pengiriman konsol genggam tersebut dimulai tanggal 28 Februari 2022, dan itu sudah sebulan saat saya menulis artikel ini.

Daftar Shortcut Rahasia di Steam Deck

Nah kalau kamu adalah pengguna Steam Deck, sudahkah kamu meluangkan waktu untuk menjelajahi semua hal yang ditawarkan olehnya? Lalu tahukah kamu kalau ternyata ada shortcut rahasia yang bisa dipakai untuk melakukan berbagai hal seru seperti mengambil screenshot, mengaktifkan keyboard layar, mengubah kecerahan layar, dll?

Ya, ini nggak bohong lho. Sebagai konsol genggam berharga fantastis, sudah pasti Steam Deck menawarkan berbagai fitur/fungsi menarik yang ‘tersembunyi.’ Kalau paham cara pengoptimalannya, hidupmu mungkin akan lebih berwarna. Hehehe.

Kebetulan kali ini kami telah mengumpulkan kumpulan shortcut rahasia di Steam Deck. Semoga shortcut-shortcut ini bisa lebih membantumu mengoperasikan Steam Deck.

ShortcutFungsi
Steam + B (tekan lama)Mematikan paksa game
Steam + XMenampilkan keyboard di layar
Steam + L1Mengaktifkan/menonaktifkan tools kaca pembesar
Steam + R1Bikin screenshot
Steam + L2 (tarik lembut)Klik kanan mouse
Steam + R2 (tarik lembut)Klik kiri mouse
Steam + Right joystickMouse Joystick
Steam + Right trackpadSebagai mouse
Steam + Right trackpad (klik)Klik kiri mouse
Steam + Left joystick upMeningkatkan kecerahan layar
Steam + Left joystick downMengurangi kecerahan layar
Steam + D-pad rightTombol Enter
Steam + D-pad downTombol Tab
Steam + D-pad leftTombol Esc

Gimana, beberapa shortcut di atas punya fungsi yang sangat menarik kan? Dari pada kamu mengutak-atik menu di layar Steam Deck, mending langsung pakai shortcut di atas saja. Lebih cepat dan efisien.

    %d blogger menyukai ini: