Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

WhatsApp Bikin Fitur Sinkronisasi Riwayat Chat ke Perangkat Pendamping

whatsapp android iphone
Indri Penulis

WhatsApp saat ini kabarnya sedang mengembangkan fitur sinkronisasi riwayat chat otomatis ke perangkat pendamping.

WhatsApp yang terkenal lemot banget dalam menghadirkan fitur-fitur baru ke platform-nya, akhir-akhir ini kelihatannya sangat rajin menguji coba fitur baru yang sebentar lagi hadir ke dalam platform-nya.

popculture.id

Yah meskipun sepertinya WhatsApp siap menelurkan berbagai fitur baru, tapi sampai sekarang yang jadi masalah utama adalah WhatsApp belum bisa dipakai di beberapa ponsel secara bersamaan.

Sebenarnya WhatsApp sudah pernah merilis uji coba dukungan multi-device pada tahun 2021. Tapi sayangnya sampai sekarang belum ada kejelasan soal fitur tersebut, dan bahkan nggak sedikit yang bertanya-tanya apakah fitur tersebut jadi rilis atau nggak.

Nah baru-baru ini ada kabar terbaru soal perkembangan fitur multi-device. Kabar ini dibeberkan oleh situs WABetaInfo. Situs tersebut menemukan sebuah referensi yang mengarah ke WhatsApp, dan terlihat WhatsApp menyinkronkan riwayat obrolan di seluruh perangkat seluler di WhatsApp beta terbaru untuk Android v2.22.15.13.

fitur sinkronisasi chat whatsapp

Menurut WABetaInfo, proses sinkronisasi tersebut kelihatannya akan otomatis terjadi saat pengguna masuk ke perangkat pendamping. Tapi untuk lamanya waktu sinkronisasi, hal ini tergantung pada panjang atau tidaknya chat yang tersimpan di aplikasi WhatsApp dalam perangkat utama.

Sebelum adanya uji coba ini, setiap kali pengguna WhatsApp pindah akun ke perangkat lain, maka WhatsApp akan menampilkan pemberitahuan yang isinya mengatakan bahwa semua obrolan akan dihapus dari aplikasi di perangkat utama demi alasan keamanan dan privasi.

Sayangnya walau kabarnya uji coba sudah mulai dilakukan β€˜lagi,’ tapi sepertinya nggak semua pengguna WhatsApp beta kebagian uji coba ini. Pasalnya sampai sekarang belum ada tombol yang bisa dipakai untuk mengaktifkan mode pendamping di WhatsApp beta.

Sementara itu sampai saat ini, semua orang hanya dibatasi untuk menggunakan WhatsApp di satu ponsel dan tiga perangkat lain seperti desktop dan laptop. Perangkat yang ditautkan akan terus menerima pesan walaupun smartphone nggak online.

Di sisi lain rival abadi WhatsApp, Telegram saat ini telah memungkinkan penggunanya untuk menggunakan aplikasi di beberapa smartphone secara bersamaan. Jadi terlepas dari popularitasnya, ketidakmampuan untuk menggunakan WhatsApp di lebih dari satu smartphone jelas adalah kelemahan yang perlu segera diatasi.

    %d blogger menyukai ini: