Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Sinkronsisasi Bookmark Firefox di Windows Phone via Aplikasi Firesync

Anom Penulis

Mungkin ada pengguna browser Firefox yang penasaran, bagaimana cara sinkronisasi bookmark Firefox ke Windows Phone. Jangan kuatir, dengan aplikasi Firesync, membuka bookmark dari Firefox di Windows Phone bisa dilakukan dengan mudah.

Firefox, seperti juga Microsoft Edge, mendukung sinkronisasi data, baik itu bookmark, history, tab, dll. Untuk bisa menggunakan fitur sinkronisasi ini, kita harus memiliki akun Firefox dengan mendaftarkan email. Setelah itu kita bisa memilih apa saja yang akan kita sinkronkan.

Dengan menggunakan akun Firefox tersebut (alamat email yang sama), aplikasi Firesync akan menampilkan sinkronisasi bookmark Firefox di Windows Phone. Sebenarnya tidak hanya bookmark, tapi juga history dan tab.

Saat ini, akses ke fitur sinkronisasi Firefox hanya sebatas read only. Jadi kita baru bisa melihat dan membuka link (di IE atau Edge) yang ada di daftar sinkronisasi tersebut. Untuk tindakan sebaliknya–menyimpan bookmark dari Windows Phone–belum bisa dilakukan. Bisa dimaklumi, karena browser Firefox sendiri belum ada di Windows Phone. Tapi mungkin nantinya bisa share halaman dari IE atau Edge ke aplikasi Firesync, untuk nantinya dilihat di browser Firefox di PC. Mungkin.

Aplikasi Firesync sendiri cukup sederhana. Hanya menampilkan pivot fitur sinkronisasi: Bookmark, history, dan tab. Kalau sinkronisasi belum terjadi, bisa tekan tombol refresh di application bar (jangan lupa juga sebelumnya tekan tombol sync di Firefox Windows kalian).

Sebagai pengguna Windows, sinkronisasi seperti ini jelas lebih mudah dilakukan dengan browser bawaan, baik itu Internet Explorer maupun Microsoft Edge. Tapi kalau kalian lebih memilih Firefox, yah, seperti sudah saya sebut di atas, aplikasi ini akan membantu.

Oya, aplikasi Firesync ini ada dua. Yang satu lagi adalah Firesync Legacy, yang berguna untuk membuka akun sinkronisasi Firefox lama.

Baca Juga:  Browser Firefox Kini Punya Fitur Terjemahan

Download: