Situs Untuk Pamer Portofolio Desain dan Ilustrasi Yang Asik

desain kaos

Apa kamu mencari tempat untuk pamer hasil karya artistikmu secara online? Hm, tentu kamu bisa menemukannya di jagat internet. Ada beberapa layanan atau situs yang bisa kamu pertimbangkan untuk memasang portofolio, apakah itu desain grafis, desain karakter, ilustrasi, gambar 3D, dll.

Situs seperti itu tidak hanya berguna untuk pamer portofolio. Kamu juga bisa mencari inspirasi, minta pendapat untuk karyamu, mencari teman, bahkan bisa mendapat rejeki. Entah seseorang mau membeli karyamu, atau memintamu membuat sesuatu.

Tentu selain memiliki karya yang bagus, memperhatikan karakteristik platform yang bersangkutan juga penting. Sehingga kamu bisa memilih mana yang paling sesuai. Yah, membuat semuanya juga bisa. Tapi pasti butuh upaya tersendiri.

ArtStation

ArtStation merupakan situs yang penuh dengan portfolio seniman hebat. Kebanyakan portofolio di sini berhubungan dengan desain visual untuk film atau game, seperti ilustrasi konsep artistik, desain karakter, gambar 3D, dll. Kamu juga bisa menjual berbagai produk artistik digital.


Behance

Behance merupakan media sosial berbasis kerja kreatif yang dimiliki oleh Adobe. Kamu bisa menyusun portfolio (disebut Project) dan bisa menyatakan kalau tersedia untuk bekerja. Kamu pun bisa mengatur tampilan untuk tiap Project tersebut. Selain itu kamu juga bisa mengumpulkan inspirasi atau mencari materi desain seperti font, brush, dll.


Coroflot

Coroflot mungkin tidak sepopuler beberapa layanan lain. Namun, bidang pekerjaan kreatifnya mencakup desain industri (seperti produk), interior, dll di samping desain grafis dan ilustrasi. Di sini pun kamu bisa membuka peluang mendapat proyek.


DeviantArt

DeviantArt merupakan salah satu situs komunitas berbasis kreativitas yang sudah cukup lama hadir. Kamu bisa menemukan atau memamerkan banyak hal di sini. Selain itu, ada pula toko online untuk menjual berbagai barang (stiker, poster, dll).


Dribbble

Dribbble juga merupakan media sosial berbasis seni visual yang populer. Kamu bisa mengunggah karyamu, bertanya soal opini, membuka peluang pekerjaan, bahkan juga menjual hasil karya kreatif. Situs yang dulu berdasar undangan untuk bisa membuat portofolio ini kini terbuka dengan bebas.


Pixiv

Pixiv merupakan situs komunitas kreatif yang berasal dari Jepang. Di sini kebanyakan yang menjadi konten adalah ilustrasi. Yah, bisa berkembang ke desain karakter juga sih. Yang jelas kamu bisa banyak menemukan referensi manga atau anime di sini.


Artfol

Artfol adalah aplikasi komunitas kreatif tempat kamu bisa berbagi karya. Selain bisa pamer dan cari inspirasi, Artfol juga menyediakan tantangan dan interaksi antar pengguna (misalnya lewat pertanyaan).


Instagram

Yah… yang terakhir ini kayaknya tidak perlu dijelaskan lagi.

%d blogger menyukai ini: