Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Smart City Summit & Expo 2022: Pameran Pendidikan, Metaverse, NFT, dll

Indri Penulis

Acara “Smart City Summit & Expo 2022” resmi dimulai tanggal 22 – 25 Maret 2022 di Taiwan. Ini dia beberapa aspek yang dipamerkan dalam acara tersebut.

Smart City Summit & Expo 2022 (acara yang ke-9) adalah pameran solusi IoT terbesar di Asia. Dalam acara ini, METAEDU turut mendebutkan “METAEDU Education Metaverse.”

popculture.id

Sesuai namanya, METAEDU Education Metaverse merupakan area pameranpendidikan pintar (smart education) yang akan menghubungkan berbagai tren teknologi populer seperti metaverse, transformasi digital, NFT, sampai pembangunan berkelanjutan dalam dunia game.

METAEDU juga turut memamerkan 4 kekuatan perangkat lunak dan perangkat keras terbaru dari industri smart education Taiwan yang ditampilkan dalam empat bidang: “Digital Learning Course Live Show”, “Sparking Proactivity”, “Enabling Interactivity and Communications”, dan “Together Good.”

Buat yang tertarik dengan NFT, area pameran Smart City Summit & Expo 2022 dirancang khusus dengan 250 skill badges NFT dalam jumlah terbatas dan eksklusif. Area ini didesain sedemikian rupa untuk menciptakan pengalaman “Play to Learn, Learn to Earn” atau “Bermain untuk Belajar, Belajar untuk Menghasilkan” yang sebenarnya untuk para pengunjung.

Selain pameran di atas, ada juga berbagai forum yang dibuka di Taipei dan Kaohsiung. Forum-forum tersebut akan menyajikan berbagai informasi terbaru soal isu pendidikan kontemporer. Lewat wawasan yang diberikan oleh para ahli dan Panel Discussion, imajinasi industri smart education diharapkan mampu merambah ke semua lapisan masyarakat.

Seperti yang kita tahu dalam dua tahun terakhir, akibat dampak pandemi COVID-19, semua lapisan masyarakat mau nggak mau harus menghadapi perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Industri smart education di Taiwan berhasil mengambil keuntungan dari situasi tersebut. Mereka berhasil menciptakan nilai output 16,4 miliar dolar AS pada tahun 2021. Kalau dibandingkan tahun 2020, tingkat pertumbuhan tahunan dari nilai output keseluruhan naik mencapai 220,9%.

Masih di tahun 2021, energi industri smart education Taiwan juga telah mendapat penilaian langsung dari Holon IQ, lembaga penelitian pendidikan terbesar di dunia. Hasilnya, Taiwan berhasil dimasukkan dalam Holon IW East Asia EdTech 150 untuk pertama kalinya.

Kali ini, lewat kerjasama antara Taiwan dan Indonesia, dua negara berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran digital di Asia Tenggara. Tujuan bersamanya adalah untuk menyebarkan pasar pembelajaran online di 10 negara ASEAN, dan intinya akan memperkenalkan layanan industri smart education Taiwan, serta menggunakan kesempatan ini untuk memperdalam produk Taiwan secara lokal.

Sementara itu untuk memperluas manfaat pameran, pameran online Smart City Online akan terus ditampilkan sampai akhir tahun 2022. Kalau kamu tertarik menonton pameran online-nya, kamu bisa mengunjungi halaman pameran METAEDU di sini.

    %d blogger menyukai ini: