Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

5 Merk Smartphone yang Ternyata Buatan dari Indonesia

Apakah kalian sebagai warga Indonesia sudah sadar, jika selama ini industri smartphone di Indonesia sudah didominasi oleh merk-merk negara lain?

Berbagai brand asing seperti Xiaomi dari Tiongkok, Samsung dari Korea Selatan, dan Apple dari Amerika, sudah merajai pasar smartphone di Indonesia.

popculture.id

Kualitas  dari ketiga brand papan atas tersebut memang tak bisa diragukan lagi, mereka selalu menyuguhkan tampilan smartphone yang kekinian dan canggih.

Namun bukan berarti Indonesia tak memiliki smartphone-nya sendiri. Ada beberapa merk smartphone asli Indonesia yang juga telah eksis malang melintang dipasaran.

Lalu, apa sajakah merk smartphone lokal Indonesia yang selama ini telah ikut meramaikan pasar smartphone?

Nah ini dia daftar-daftarnya.

Evercoss

Sumber Gambar : Oketekno.com

Perusahaan yang memiliki nama awal Cross Mobile ini merupakan salah satu perusahaan smartphone asal Indonesia yang sudah cukup terkenal di pasar tanah air.

Menarget kalangan menengah kebawah, perusahaan yang di dirikan pada tahun 2008 di Jakarta ini sudah cukup banyak memproduksi berbagai macam smartphone dan tablet yang berkualitas namun tetap dengan harga murah.

Beberapa produk yang cukup keren besutan dari Evercoss adalah Evercoss Winner Series dan Evercoss Elevate Series.

Namun sekedar informasi saja, tidak semua produk dari perusahaan Evercoss ini buatan Indonesia.

Contohnya saja, Evercoss masih menggunakan beberapa komponen hardware dari Tiongkok dan juga Jerman.

Mito Mobile

Sumber Gambar : Kompas Tekno

Jika membahas smartphone lokal, maka nama peraih Top 3 vendor ponsel terbesar di Indonesia ini jangan sampai terlewatkan.

Mito Mobile merupakan perusahaan smartphone yang berpusat di Jakarta, perusahaan ini juga salah satu perusahaan ponsel pertama dan tertua di Indonesia.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2006 ini dikenal sebagai produk smartphone untuk kalangan menengah kebawah.

Dan salah satu produk smartphone paling terkenal dari Mito Mobile adalah Mito Fantasy Note A30 yang hanya dibanderol dengan harga 1,5 juta rupiah saja.

HiMax

Sumber Gambar : tokopedia.com

HiMax adalah sebuah perusahaan yang telah didirikan pada tahun 2012 yang lalu, ia merupakan salah satu perusahaan lokal Indonesia yang telah sukses memproduksi smartphone berkualitas dan dengan harga yang terjangkau.

Pemilik asli dari perusahaan ini sebenarnya berasal dari Jepang, mereka juga kerap memproduksi smartphone keren dengan fitur menawan yang diklaim tak kalah jika dibandingkan dengan brand Asia lainnya, seperti Xiaomi dan Asus.

Beberapa produk keren yang telah dipoduksi HiMax adalah HiMax Polymer dan juga HiMax Pure S.

Advan

Sumber Gambar : Tirto

Membahas mengenai Advan, ia adalah sebuah perusahaan elektronik asal Indonesia yang juga kerap meluncurkan smartphone terbarunya.

Perusahaan yang telah didirikan pada tahun 2007 di Jakarta ini, telah fokus memproduksi beberapa barang elektronik seperti smartphone, ponsel 2G dan juga tablet.

Salah satu kelebihan yang patut dibanggakan oleh Advan adalah, ia mampu memproduksi smartphone dengan harga terjangkau namun memiliki spesfikasi yang sangat keren.

Beberapa contoh produk smartphone dari Advan yang cukup terkenal adalah Advan G1, Advan i5 dan tablet T3H yang bentuknya sekilas mirip iPad.

Polytron

Sumber Gambar : Selular.ID

Semenjak tahun 1970-an, Polytron memang sudah dikenal sebagai salah satu perusahaan elektronik ternama asal Indonesia.

Perusahaan yang resmi didirikan pada tahun 1975 di Kudus ini, sudah banyak memproduksi berbagai macam barang elektronik untuk masyarakat Indonesia, salah satunya adalah smartphone.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan smartphone Polytron ini memang karena harganya yang terjangkau.

Namun untuk masalah spesfikasinya jangan khawatir, Polytron sudah membekali smartphone buatanya dengan spesifikasi yang sangat memadai.

Salah satu produk smartphone Polytron yang terbaik adalah P520 yang ditujukan untuk masyarakat kalangan menengah ke atas.

    %d blogger menyukai ini: