Smartphone LG Q9 Akhirnya Resmi Dirilis

B

Tahun 2019 nampaknya menjadi tahun untuk meluncurkan produk-produk smartphone terbaru dari berbagai vendor.

Dan pada tahun 2019 ini, salah satu produsen smartphone asal Korea selatan, yaitu LG resmi merilis salah satu smartphone terbarunya yang diberi nama LG Q9.

Peluncuran pertama dari LG Q9 ini dilakukan di Korea, dan telah mengusung desain sekaligus teknologi yang super kekinian.

Dengan diluncurkannya smartphone terbarunya ini, nampaknya LG berusaha untuk mempertahankan popularitasnya yang belakangan ini memang semakin menurun.

Pada smartphone terbarunya ini, LG sudah mulai menyematkan poni atau notch pada layar ponselnya.

Meskipun bisa terbilang agak ketinggalan dalam pengaplikasian tren kekinian ini, namun LG tetap percaya diri dengan smartphone terbarunya tersebut.

Selain dilengkapi dengan notch pada layar, berikut adalah spesfikasi lain yang dimiliki LG Q9!

Performa

Sumber Gambar : Phone Arena

Membahas dari segi performanya, LG Q9 ini dipersenjatai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 821, berteknologi proses 14nm lengkap dengan GPU Adreno 530.

Chipset yang digunakan LG ini pun bisa dibilang agak ketinggalan 3 generasi, karena sampai sekarang Qualcomm telah merilis chipset terbarunya yaitu chipset Snapdragon 855.

Namun, meskipun menggunakan chipset yang bisa dibilang ketinggalan 3 generasi, LG Q9 tetap bisa diandalkan untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus dengan sangat lancar.

Selain itu, processor ini juga didukung dengan RAM sebesar 4GB dan memori internal sebesar 64 GB.

Kamera

Sumber Gambar : NDTV Gadgets

Dari segi kamera, LG Q9 ini tentu sangat bisa untuk diandalkan. Memiliki kamera belakang sebesar 16 MP dengan dilengkapi LED flash, para penguna smartphone ini pun dapat mengambil foto dengan hasil gambar yang lebih baik ,bahkan saat kondisi minim cahaya sekalipun.

Dan untuk kamera depan LG Q9 ini memiliki resolusi sebesar 8MP yang dapat menghasilkan foto selfie dan video call dengan cukup bagus.

Layar

Sumber Gambar : GSM Arena

Sesuai penjelasan sebelumnya, smartphone terbaru yang diluncurkan oleh LG ini memiliki desain layar yang telah mengikuti desain smartphone masa kini, yaitu dengan tambahan notch atau poni di bagian atas layarnya.

LG Q9 ini memiliki layar sebesar 6,1 inci dengan resolusi 3120 x 1440 piksel. Layar yang diusung smartphone ini merupakan layar Quad HD dengan teknologi IPS, dan memiliki aspek rasio 19 : 5,9 serta memiliki desain full vision yang memenuhi bagian depannya.

Fitur yang dimiliki LG Q9

Sumber Gambar : BGR India

Smartphone Android terbaru dari LG ini juga sudah didukung dengan teknologi 4G LTE, dan dilengkapi dengan WiFi, Bluetooth, GPS, USB On-The-Go, serta telah dibekali juga dengan sistem Hi-Fi Quad DAC.

Teknologi tersebut mampu mengurangi noise, dan membuat suara menjadi lebih jernih.

Pada smartphone ini, LG menyematkan baterai berkapasitas 3000mAh yang sudah dilengkapi dengan fast battery charging (Quick Charge 3.0).

Jadi para pengguna dari smartphone ini bisa melakukan pengisian baterai dengan lebih cepat.

Kelebihan dan kekurangan LG Q9

Sumber Gambar : AWOK.com

Salah satu kelebihan yang dimiliki smartphone LG Q9 ini adalah sertifikat IP68 yang dimilikinya.

Itu artinya, smartphone terbaru dari LG ini akan mampu bertahan dalam air hingga kedalaman 1,5 meter dengan batas waktu maksimal 30 menit.

Dan untuk kekurangan smartphone LG Q9 ini terletak pada sistem operasinya yang masih menggunakan Android 8.1 Oreo.

Harga yang ditawarkannya pun masih terbilang cukup mahal, yaitu sekitar Rp6,2 juta. Padahal beberapa smartphone merk lain yang mengunakan processor lebih tinggi saja dijual dengan harga yang lebih murah.