Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Smartphone Nokia Terbaru: Nokia 6, Nokia 5 dan Nokia 3

handphone nokia buatan HMD Global

Di ajang Mobile World Congress 2017, smartphone Nokia terbaru akhirnya diperkenalkan, selain Nokia 6 yang memang sudah diperkenalkan sejak lama, ada dua smartphone anyar Nokia, yaitu Nokia 5 dan Nokia 3.

Jadi apa yang ada di atas kertas dari ketiga smartphone Nokia terbaru ini? mari kita lihat.

Nokia 6

Smartphone ini mungkin bisa dibilang bukan smartphone Nokia terbaru, karena Nokia 6 sudah diperkenalkan dan dijual di awal tahun 2017 untuk pasar Tiongkok.

Sekedar penyegaran, Nokia 6 hadir dengan layar Full HD 5.5 inchi dengan teknologi Gorilla Glass 2.5D, prosesor Qualcomm Snapdragon 430, RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Nokia 6 memiliki kamera utama berkekuatan 16 megapixel dan kamera depan 8 megapixel. Audio dari Nokia 6 sudah mendukung Dolby Atmos untuk menciptakan efek suara 3 D.

Yang menyenangkan dari Nokia 6 di ajang MWC 2017 semalam, pihak HMD Global menyatakan bahwa Nokia 6 akan dipasarkan secara global. Perbedaan dengan versi Tiongkok tentu saja adalah keberadaan layanan Google, seperti Google Assistant dan Play Store. Nokia 6 akan dijual dengan harga 242$.

Nokia 6 juga memiliki edisi spesial, yaitu Nokia ARTE yang memiliki sentuhan warna hitam piano (mirip dengan Nokia 8800) yang dibanderol dengan harga sedikit lebih mahal, yaitu 299$.

smartphone nokia terbaru - nokia 6

Nokia 5

Nokia 5 adalah versi kecil dari Nokia 6. Smartphone ini memiliki layar 5 inchi, prosesor Qualcomm Snapdragon 430, RAM 2 GB, memori internal 16 GB, kamera utama 13 megapixel, kamera depan 8 megapixel wide angle, dan tentu saja sudah menggunakan OS Android terbaru (Nougat 7.1.1) dengan Google Assistant.

Desain dari Nokia 5 mirip dengan Nokia 6 yang mengusung desain metalik. Yang membedakan hanya sentuhan lengkung pada bodi.

Nokia 5 akan dipasarkan di Q2 2017 dengan harga 199$. Ponsel ini memiliki empat pilihan warna, yaitu silver, blue, matte black, dan copper.


Baca Juga: Nokia 3310 Terbaru: Apa yang Perlu Kamu Tahu


Nokia 3

Nokia 3 merupakan smartphone low-end dibandingkan dengan kedua saudaranya. Jika Nokia 5 dan Nokia 6 menggunakan bahan metal, maka Nokia 3 menggunakan bahan polycarbonate dengan bingkai alumunium. Meski masuk ke jajaran ponsel low-end Nokia HMD, bentuk dari ponsel ini masih terlihat mewah.

Secara spesifikasi, Nokia 3 menggunakan prosesor MediaTek 6737, RAM 2 GB, memori internal 16 GB dan layar 5 inchi. Untuk kamera, baik kamera utama dan kamera depan memiliki kemampuan 8 megapixel. Sistem operasi yang diberikan juga sudah Android versi 7.1.1 Nougat.

Nokia 3 juga akan dijual secara resmi pada Q2 dengan harga 147$.

Ketiga smartphone Nokia terbaru ini memiliki harga yang cukup terjangkau, terlebih jika dibandingkan dengan kompetitor. Nama besar dan fans Nokia juga tidak bisa dikesampingkan. Tentunya kita akan melihat, apakah kebangkitan Nokia di bawah naungan HMD akan berjalan sesuai rencana dan mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan ponsel yang telah mapan.

    %d blogger menyukai ini: