3 Smartphone Pertama di Dunia yang Memakai Android

Siapa yang tak mengenal sistem operasi Android? Sekarang hampir semua smartphone yang diluncurkan dilengkapi dengan sisem operasi milik Google ini.

Baru-baru ini Android genap berusia 10 tahun. Dulu ketika sistem operasi ini baru diluncurkan, masih banyak kesalahan yang harus diperbaiki.

Dengan berjalannya waktu, semakin diperbaikinya sistem operasi Android ini, sekarang hampir 2 miliar perangkat smartphone yang menggunakan sistem operasi ini.

Bahkan bukan hanya digunakan di smartphone, kini sistem Android ini sudah banyak digunakan pada televisi pintar, jam tangan pintar, tablet, hingga lemari es pun menggunakan sistem operasi Android .

Yang terbaru kabarnya sistem Android ini akan diterapkan pada sistem mobil.

Sedikit flashback dari tahun-tahun sebelumnya, mungkin ada dari kalian yang penasaran tentang smartphone apa saja sih yang dibekali sistem operasi Android pertama di dunia?

Nah, ini dia 3 smartphone pertama di dunia yang dibekali dengan OS Android,

HTC G1/ Dream (2008)

Sumber Gambar: es.gizmodo.com

Smartphone pertama yang dibekali sistem operasi Android adalah HTC G1/ Dream, yang diluncurkan pada tahun 2008 silam.

HTC Dream ini biasa dikenal dengan nama T-Mobile G1 di Amerika Serikat.

Sistem Operasi Android ini memang telah diluncurkan Google pada tahun 2007, namun kenyataannya perangkat pertama yang menggunakan OS ini baru dirilis pada Oktober 2008 yang lalu.

Dan smartphone pertama di dunia yang berhasil mencicipi OS ini adalah HTC Dream, HTC Dream sendiri bisa dibilang smartphone dengan bentuk yang cukup aneh dibanding smartphone yang lainnya.

Bagaimana tidak memiliki bentuk yang aneh, smartphone HTC Dream ini didesain dengan layar sentuh 3,2 inci dan memiliki resolusi 32×480 piksel.

Dan pada bagian bawahnya dilengkapi dengan empat tombool fisik, trackball, dan keyword fisik qwerty dan bisa di slide ke atas.

Mungkin saat ini smartphone HTC Dream ini sudah sulit untuk ditemukan.

Moto Droid ( 2009)

Sumber Gambar: skatter.com

Karena kurang diliriknya smartphone pertama yang dibekali OS android dari HTC, hingga akhirnya merek lainpun menunjukan kualitasnya.

Kali ini smartphone kedua di dunia yang menggunakan sistem operasi Andoid datang dari merk smartphone terkenal di Amerika Serikat yaitu Moto, dengan produk keluarannya yang diberi nama Moto Droid.

Moto Droid ini resmi dirilis selang setahun dari HTC Dream, smartphone dari Moto ini di desain dengan layar yang sedikit lebih baik daripada smartphone Android sebelumnya.

Perangkat kedua yang dibekali OS Android ini hadir dengan layar setipis RAZR, tetapi masih dilengkapi dengan keyboard fisik yang bisa digeser.

Pada zamannya, Moto Droid ini merupakan smartphone andalan bagi masyarakat. Bagaimana tidak, selain dilengkapi dengan hal baru dan menarik dari Andoid, smartphone ini di banderol dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang iPhone.

HTC/ Google Nexus One ( 2010)

Simpan Gambar: GSMArena.com

Dan yang ketiga hadir dari hasil kolaborasi antara Google dan vendor smartphone asal Taiwan yaitu HTC.

Kedua perusahan besar ini bekerja sama untuk meluncurkan smartphone ketiga di dunia yang dibekali dengan sistem operasi Android.

Yaitu hadirlah Google Nexus One, perangkat ini merupakan brand smartphone pertama yang dimiliki Google.

Google Nexus One ini hadir dengan kualitas yang tinggi dan sangat baik, bisa dibilang perangkat dari Google dan Nexus ini ditunjukan untuk menjadi saingan dari iPhone.

Smartphone ini hadir tanpa keyboard fisik sehingga berbeda dari kedua smartphone sebelumnya. Google Nexus One juga dilengkapi dengan layar OLED dengan desain yang cukup indah pada masanya.