Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Smartphone Tercebur Air

ilustrasi-kecebur

Siapa sih yang tahu kapan nasib sial bakal datang ke diri kita? Mungkin hampir semua orang di dunia ini tak akan mengetahuinya.

Yang namanya nasib sial pasti bisa datang kapan saja dan dimana saja, tanpa sempat kita mempersiapkannya terlebih dahulu.

Misalnya saja waktu kamu sedang asyik bermain game saat BAB, tiba-tiba tak sengaja smartphonemu jatuh dan masuk kedalam ember yang isinya penuh dengan air atau bahkan masuk ke dalam kloset.

Disitulah kamu akan merasa sangat sial bukan?

Nah, jika suatu saat nanti kamu mengalami kejadian yang serupa seperti smartphonemu tercebur kedalam air, sebaiknya jangan panik terlebih dahulu.

Banyak sekali orang yang panik saat mengalami hal tersebut, alhasil mereka justru melakukan tindakan yang menurutnya benar, namun itu justru salah besar!

Untuk mengantisipasi tindakan tersebut, dibawah ini adalah kesalahan yang harus kamu hindari saat smartphonemu tercebur air.

Jangan langsung menyalakan smartphone, jika smartphonemu mati saat tercebur air.

Sumber Gambar : IDN Times

Jika kamu memaksa menyalakan smartphone saat mati tercebur air, hal tersebut sangat berbahaya. Bahkan bisa saja menyebabkan smartphone-mu semakin rusak.

Mengapa seperti itu? Karena air yang telah masuk ke dalam smartphone bisa saja membuat komponen hardware yang beraliran listrik menjadi konslet.

Jadi, ketika smartphon-mu mati sesaat setelah tercebur air, sebaiknya biarkan saja terlebih dahulu sampai mengering.

Untuk mempercepat proses pengeringan, kamu juga bisa memasukan smartphone kedalam tumpukan beras.

Jangan tekan sembarang tombol, ketika smartphone yang tercebur air masih hidup.

Sumber Gambar : Tokopedia

Jika smartphone-mu masih hidup saat tercebur air, maka jangan pernah kamu menekan tombol apapun yang ada pada smartphone.

Karena kamu tak pernah tau air sudah meresap ke bagian mana saja. Jika kamu salah menekan sedikit saja, bisa jadi kamu malah memperparah kerusakan yang terjadi pada smartphone-mu.

Jangan langsung menjemur smartphone yang baru saja tercebur air

Sumber Gambar : Appbuntu

Hal yang sering dilakukan kebanyakan orang ketika smartphone0nya tercebur kedalam air adalah, langsung menjemurnya.

Dengan menjemur smartphone, ia pikir dapat mengeringkan smartphone lebih cepat, namun justru cara ini merupakan kesalahan besar!

Bukan malah bisa mengeringkan smartphone, menjemur smartphone justru bisa membuat komponen di dalamnya rusak.

Jangan menggoyang-goyangkan smatphone yang telah tercebur air

Sumber Gambar : Inet Detik

Menggoyangkan smartphone setelah tercebur air adalah hal paling terkonyol yang sering dilakukan seseorang saat mengalami kejadian tersebut.

Mengapa hal ini konyol? Karena menggoyang-goyangkan smartphone dapat mempermudah air masuk ke dalam celah-celah hardware yang rentan rusak jika terkena air.

Jangan keringkan smartphone dengan hair dryer

Sumber Gambar : Befren

Sama halnya dengan menjemur smartphone secara langsung, mengeringkan smartphone dengan hair dryer juga tindakan yang salah. Tindakan ini akan semakin meningkatkan kerusakan komponen pentingĀ  smartphone.

Panas yang dihasilkan hair dryer ini dapat membuat komponen listrik yang ada di dalam smartphone mengalami kenaikan suhu, sehingga akan meningkatkan resiko kerusakaan saa t smartphone dinyalakan.

itulah sebabnya tindakan ini sangat tidak diperbolehkan.

Jangan sekali-kali mencoba memasukan smartphone kedalam lemari pendingin.

Sumber Gambar : IDN Times

Coba bayangkan apa jadinya jika smartphone yang telah tercebur air dimasukan kedalam lemari pendingin? Apakah ia akan kembali normal?

Tentu saja tidak! smartphone yang dipanaskan saja sangat berbahaya apalagi jika didinginkan. Bukan malah normal justru smartphone tersebut akan cepat rusak.

Karena air yang telah masuk kedalam smartphone akan membeku dan akan membuat kamu semakin kesusahan saat membuka komponen smartphone.

Ada komentar?