Software Terbaik Untuk Menulis Skripsi

Skripsi memang menjadi momok menyebalkan bagi mahasiswa tingkat akhir. Dalam kasus menulis skripsi, tentu saja dibutuhkan software yang lebih dari menulis saja.

Kegiatan menulis pada zaman sekarang sangatlah berbeda, jika dulu kita masih menulis dibuku lewat tulisan tangan namun sekarang kita lebih banyak menghabiskan kegiatan tersebut di depan komputer, yang artinya kita membutuhkan software untuk bisa menulis, ya kan?

Dan berikut ini adalah beberapa software yang dapat membantumu dalam urusan tulis-menulis tersebut.

Microsoft Word

Sumber Gambar : TekRevue

Untuk yang pertama, pastinya sudah tak asing lagi dengan software yangsatu ini. Sebelum hadirnya software lain untuk menulis, Microsoft Word sudah hadir dahulu dan menjadi satu-satunya opsi yang ada.

Hingga sekarang Word masih tetap dapat bertahan dan digunakan oleh sebagian besar penduduk bumi, karena ia menyediakan fitur penulisan yang banyak dan mudah digunakan.

Scrivener

Sumber Gambar : PCMag.com

Berbeda dengan Word, jika Word ditargetkan untuk semua orang yang menulis, Scrivener lebih menarget pada profesi penulis.

Fiturnya pun lebih beragam dan lebih bagus untuk menata bagian-bagian buku. Mulai dari me-lay out hingga user interface yang enak untuk dibaca, semuanya tersaji dalam software ini.

Google Docs

Sumber Gambar : TechRepublic

Tidak memiliki dana untuk mendapatkan Word dan Scrivener yang asli? Maka ada baiknya kamu menggunakan Google Docs saja.

Untuk menggunakan Google Docs, kamu tidak perlu meng-install-nya. Cukup masuk ke internet, punya akun Gmail dan kamu bisa menggunakan Google Docs.

Fiturnya  pun hampir mirip dengan Word, jadi kamu akan mudah untuk menggunakannya. Namun satu hal yang perlu kamu ingat saat menggunakan software ini, berharaplah saja internetmu lancar, karena itu adalah hal yang sangat penting.

Freedom

Sumber Gambar : freedom.to

Freedom memang bukanlah software untuk menulis seperti yang lainnya, namun Freedom mampu meningkatkan kemampuan menulismu. Software ini juga cocok untuk mereka yang mudah tidak fokus.

Misalnya saja kamu suka dengan sosial media, nah dengan melakukan pengaturan di Freedom, kamu bisa memblokir semua media sosial yang kamu sering akses untuk sementara waktu.

Ulysses

Sumber Gambar : softwarehow.com

Ulysses dapat dikatakan sebagai software terbaik pembuat buku. Memiliki fitur yang serupa dengan Freedom, Ulysses juga mampu memblokir berbagai hal yang biasanya membuat fokusmu teralihkan.

FocusWriter

Sumber Gambar : Mac Softpedia

Aplikasi ini bertujuan untuk menghilangkan distraksi dan membantumu menulis buku agar cepat selesai.

Kamu tidak akan menemui toolbar atau jendela lain ketika masuk dalam mode fullscreen. Hanya ada background dan teks, kamu juga bisa mengkostumisasi gambar di background untuk menginspirasimu menulis.

Evernote

Sumber Gambar : Microsoft

Aplikasi penting ini berguna untuk mencatat ide-ide yang terlintas dibenakmu. Terlebih lagi aplikasi ini akan ada disisimu selama 24 jam karena berada didalam smartphone.

Fitur aplikasi ini masih terus dikembangkan hingga sekarang, jadi sangat direkomendasikan untuk digunakan.

Dropbox

Sumber Gambar : Dropbox Blog

Bagaimana bisa aplikasi ini akan membantu kita untuk menulis? Jawabannya mudah saja. Karena dengan menggunakan Dropbox kamu bisa melanjutkan tulisanmu dimana dan kapan saja kamu berada.

Selain itu, Dropbox juga menjadi back up dari karyamu. Semisal datamu hilang, maka kamu bisa menemukannya lagi di Dropbox.

PauseFor

Sumber Gambar : self-publishingschool.com

PauseFor adalah aplikasi yang berguna untuk menghentikanmu dari kegiatan bermain smartphone. Mereka yang sering membuka berbagai hiburan di smartphone ada baiknya memiliki ini agar bisa lebih fokus menulis

Itulah aplikasi dan software yang perlu kamu install agar kamu fokus menulis. Karena sekarang kamu sudah mengetahuinya, cepat selesaikan naskah skripsimu mulai dari sekarang.