Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Solusi Cortana Tidak Bisa Aktif Setelah Install Ulang

cortana windows

Di antara kalian pasti ada yang pernah ngalamin Cortana tidak bisa aktif setelah melakukan install ulang. Terlalu cepat jika kalian merasa kehilangan dia, karena sebenarnya masalah ini sangat umum terjadi.

Untuk membereskan problem tersebut, langkahnya cukup mudah kok. Jadi sayang jika kalian tidak ikuti langkah aktifasinya, mengingat Cortana sangat membantu mempermudah pekerjaan kita.

popculture.id

Langsung saja, berikut akan saya jelaskan masalah yang bikin Cortana ngambek pasca install ulang dan solusi untuk mengatasinya.

Belum Login Microsoft

Perlu kalian pahami, pertama cara kerja Cortana akan maksimal jika kalian sedang dalam keadaan online atau terhubung ke internet.

Kedua, Cortana adalah assisstant yang diproduksi oleh microsoft. Jadi untuk bisa menggunakan fasilitas microsoft, dalam hal ini Cortana, maka kalian wajib terlogin terlebih dahulu ke akun Microsoft.

Inilah yang sering orang-orang lupakan setelah sukses install ulang. Karena itu kalian perlu terhubung ke internet dahulu kemudian register akun microsoft. Barulah setelah itu kalian bisa aktifkan Cortana.

Windows Belum Update

Permasalahan ini sering dialami orang yang hobi install ulang dari flashdisk. Yang mana biasanya mentahan windows belum ter-update sehingga fitur cortana tidak bisa masuk dan akhirnya ngambek.

Untuk itu, yang perlu kalian lakukan update windows terlebih dahulu untuk mendapatkan fitur terbaru agar Cortana bisa berjalan dengan baik.

Bagi yang belum tahu, kamu bisa kunjungi link ini untuk melakukan update windows terbaru.

Region Tidak Sesuai

Jika kedua cara di atas gagal, maka ini adalah solusi terakhir yang bisa kalian cek dan coba. Kalian yang tidak mahir bahasa Inggris, secara tidak sadar pasti mensetting region dan bahasa ke Indonesia ketika instalasi windows.

Asal kalian tahu, Cortana adalah assisstant yang dibuat dengan menggunakan bahasa inggris. Parahnya cortana belum terlalu pintar seperti google assisstant yang bisa bicara Indonesia.

Karena itu, untuk bisa mengaktifkan Cortana, yang perlu kalian lakukan adalah mengubah region dan bahasa ke English United State.

Caranya adalah masuk ke pencarian atau settings dan cari menu Bahasa dan Region, ubah semuanya ke English US. Barulah setelahnya Cortana bisa aktif dan digunakan.


Nah demikianlah masalah umum yang membuat Cortana tidak mau aktif terutama setelah melakukan install ulang. Selamat mencoba..

    %d blogger menyukai ini: