Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

3 Solusi Jitu Buat Atasi Start Menu Windows Tidak Bisa Diklik

Indri Penulis

Start Menu Windows tidak bisa diklik, bagaimana solusinya? Gampang. Kamu bisa mengatasinya lewat Task Manager, perbaiki file sistem yang corrupt, dll.

Pas sedang enak-enaknya main komputer, eh nggak ada angin atau apa, Start Menu dan taskbar tiba-tiba nggak bisa diklik. Alhasil, kamu nggak bisa menavigasikan aplikasi yang sedang dibuka deh.

Apa penyebab Start Menu tidak bisa diklik/tidak dapat dijalankan? Sebenarnya penyebabnya ada banyak. Bisa karena bug, atau gara-gara ada file corrupt di sistem.

Lalu bagaimana cara mengatasi Start Menu di Windows yang tidak bisa diklik? Tenang saja. Kamu bisa coba pratikkan beberapa tips di bawah ini.

End Task Windows Explorer

Start Menu dan taskbar kan nggak bisa diklik. Lalu bagaimana cara menutup Windows Explorer? Gampang, kamu bisa tutup paksa Windows Explorer pakai fitur “End Task” di Task Manager. Lalu bagaimana cara membuka Task Manager?

  • ketik shortcutCTRL + Alt + Del/Delete.”
  • Setelah itu pilihlah menu “Task Manager.”
  • Setelah Task Manager terbuka, klik kanan aplikasi Windows Ecplorer.
  • Kemudian klik menu “End Task.”

Cek dan Perbaiki File Sistem yang Corrupt

Setelah kamu pakai cara pertama, sekarang kamu bisa memeriksa sekaligus memperbaiki file sistem yang corrupt. Fungsinya buat apa? Supaya kejadian seperti ini (Start Menu dan taskbar macet) nggak terjadi lagi di kemudian hari.

  • Buka Task Manager dengan menekan shortcutCTRL + Alt + Del.”
  • Kemudian klik “File > Run New Task.”
  • Ketik “Powershell” di kolom.
  • Centang juga “Create this task with admistrative privileges.”
  • Setelah itu klik tombol “Ok.”
  • Terakhir, ketik “sfc/scannow” untuk scan sekaligus memperbaiki file korup secara otomatis.
  • Klik tombol “Ok” untuk mengonfirmasi perintah.
Baca Juga:  Tips & Cara Mengatur Pemakaian Daya / Baterai Windows 11 Biar Nggak Boros

Update Windows 11

Mungkin salah satu penyebab Start Menu dan taskbar tiba-tiba macet adalah karakter Windows-mu belum di-update. Saya pun biasanya juga seperti ini. Setelah saya meng-update Windows, Start Menu dan taskbar kembali lancar seperti biasa.

Biasanya pemberitahuan Windows Update akan otomatis muncul di panel notifikasi. Tapi kalau nggak ada pemberitahuan update, kamu bisa memeriksanya secara manual dengan cara klik “Windows + I” dan klik “Update & Security.”

Nah gambar di atas menunjukkan kalau Windows perlu di-update. Kalau di layarmu muncul pemberitahuan seperti itu, klik saja tombol “Download & install.”

Oya, nama tombol biasanya bakal berbeda tergantung jenis Windows yang kamu pakai. Kalau di contoh ini sih saya pakai Windows 11.