Sony Bakal Tutup Semua Toko Online PSP, PS Vita & PS3 Akhir Tahun Ini

Kabar duka buat kamu yang masih pakai PSP, PS Vita atau PS3. Pasalnya, Sony akan tutup seluruh toko online untuk PSP, PS Vita dan PS3 akhir tahun ini.

Sebelum adanya pengumuman ini, situs The Gamer memang telah melaporkan hal ini. Namun akhirnya, pada tanggal 29 Maret lalu, Sony membenarkan laporan itu dengan mengunggah pengumuman di situs resminya.

Sony akan Tutup Toko Online PSP, PS Vita dan PS3

Dalam pengumumannya, Sony mengatakan bahwa semua pembelian digital PS3 dan PSP akan ditutup mulai 2 Juli. Sementara pembelian digital untuk PS Vita mulai ditutup pada tanggal 27 Agustus mendatang.

Sumber Gambar : Trusted Reviews

Artinya, setelah tanggal itu, kamu tidak akan bisa membeli konten digital apa pun dari toko-toko ini. Contonya game, konten yang bisa diunduh, video, hingga pembelian dalam game seperti transaksi mikro.

Kamu juga tidak akan bisa menukarkan voucher dana dompet PSN di perangkat ini. Kamu hanya bisa menukarnya untuk membeli konten PS4 dan PS5 di toko masing-masing.

Adapun hal-hal yang masih bisa kamu lakukan adalah, kamu bisa mengunduh ulang dan memainkan game digital, DLC, serta konten video apa pun yang sudah kamu beli (termasuk konten yang diterima dari PlayStation Plus).

Aktivitas di atas bisa tetap dilakukan selama kamu berlangganan layanan tersebut. Oya, kamu juga masih bisa menukarkan game dan voucher PlayStation Plus.

Rincian resmi soal penutupan toko online ini bisa kamu baca di sini. Kamu juga bisa membaca FAQ tentang apa yang bisa dilakukan dengan PSN di bulan-bulan berikutnya.

Jadi sekarang sudah resmi ya. Kalau ada game digital yang ingin kamu dapatkan untuk PSP, PS Vita atau PS3, maka cuma ini kesempatan kamu untuk melakukannya.

Sebab saat toko-toko online tersebut tutup, kamu hanya bisa mendapatkan game fisik. Otomatis, harganya bakal terus meroket seiring berjalannya waktu (karena semakin langka).

Sony sendiri belum pernah mencoba konsol genggam lain sejak mereka meluncurkan PS Vita. Tapi dengan keberhasilan Nintendo Switch dan smartphone, tampaknya masih ada ruang untuk konsol genggam PlayStation lain di masa depan.

Tapi kira-kira apa ya namanya? Hahaha. Entahlah..

%d blogger menyukai ini: