Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Soundbar Baru Sebagai Audio Pengganti Home Theater

Semakin berkembangnya era digital zaman sekarang, hal ini sangat membuat pengaruh besar bagi para penggunanya.

Maraknya teknologi yang semakin canggih setiap harinya mempengaruhi cara kita untuk menikmati sebuah hiburan.

popculture.id

Jika dulu masyarakat lebih sering melihat home theater sebagai hiburan mereka, namun berbeda dengan zaman sekarang. Banyak orang yang lebih memilih menonton video streaming, bermain game, hingga mendengarkan musik melalui aplikasi canggih.

Bahkan berkat perkembangan teknologi zaman sekarang, kini banyak penyedia konten hiburan yang memberikan kualitas gambar terbaik agar hasil yang ditampilkan dapat memuaskan penonton.

Untuk bagian penunjangnya yaitu bagian grafis, sudah banyak konten yang menawarkan video dengan kualitas HD ( Hide Definition), bahkan yang terbaru menawarkan kualitas UHD ( Ultra Hide Definition ).

Itu tadi dari segi gambar, dan kini kita bahas dari segi audionya. Teknologi yang semakin berkembang membuat kualitas audio juga mengalami pembaruan yang semakin canggih. Bahkan kualitasnya mencapai hingga 320 kbps dan tentunya suara yang dihasilkan menjadi lebih kaya dan jernih.

Baru-baru ini sedang ramai diperbincangkan tentang teknologi audio terbaru pengganti home theater. Teknologi baru ini diberi nama “Soundbar”.

Sumber Gambar: Appliances Online

Apasih soundbar itu? Apa kelebihannya? Mungkin banyak orang yang akan bertanya-tanya tentang produk audio terbaru ini.

Nah, penasaran bukan apa itu soundbar? Langsung saja simak penjelasan penting dibawah ini.

Soudbar adalah sebuah sistem teknologi suara terbaru yang memiliki tampilan desain yang langsing dan modern. Hal ini berbeda dari home theater.

Jika home theater membutuhkan ruangan yang cukup besar dan membutuhkan banyak kabel dalam pemasangannya, namun kali ini kalian bisa lebih menghemat tempat dan gak perlu ribet ketika memilih soundbar.

Soundbar ini berbentuk kotak memanjang dengan body yang langsing dan bisa dipasang di dinding. Kalian bisa memasang soundbar dimanapun kalian mau.

Sumber Gambar: Home Theater Review

[irp posts=”36460″ name=”5 Program Audio Editor Gratis Pilihan”]

Karena bentuknya yang efisien dan praktis tidak akan menghalangi kalian saat menonton TV. Soundbar terdiri dari beberapa unit speaker yang dijadikan satu dalam wadah kolom yang memanjang.

Kulitas suara yang dihasilkan soundbar ini tak bisa diremehkan lagi, soundbar dapat memberikan performa dengan sensasi suara yang dihasilkan lebih fantastis dibandingkan dari TV langsung.

Namun jika kalian membandingkan dengan home theater, dari segi suara lebih unggul home theater ketimbang soundbar.

Jika kalian memilih membeli soundbar baru harus dilengkapi dengan sebuah  subwoofer wireless agar suara yang dihasilakn lebih mantap dengan suara bas yang nendang.

Tambahan subwoofer ini diperlukan untuk menambah daya output suara yang lebih kencang dibandingkan jika kalian hanya memanfaatkan subwoofer kecil yang tertanam di dalam soundbar.

Meskipun memiliki bentuk yang jauh lebih modern dan efisien, kamu tetap harus menyesuaikan soundbar dengan TV yang kamu gunakan.

Jangan asal memasang soundbar, contohnya jika kamu menggunakan TV dengan ukuran 42-50 inci, kamu bisa memilih soundbar dengan panjang 38-45 cm.

Memang jika dibandingkan dengan home theater, bentuk dari soundbar ini jauh lebih ringkas dan enak dilihat. Dari segi desain sangat berbeda jauh dengan home theater yang terdiri dari beberapa unit speaker yang terpisah.

Namun dari segi suara, soundbar harus mengakui jika home theater lebih unggul darinya. Home theater dapat menghasilkan suara yang lebih baik karena berasal dari speakernya yang saling terpisah.

Dari segi harga soundbar jelas lebih menag dari home theater, soundbar memiliki harga yang terjangkau namun tetap dengan tampilan yang kece dan elegan.

Kalau kalian pilih yang mana nih? Soundbar atau home theater?

    %d blogger menyukai ini: