Mengenal Spatial dan Lossless Audio di Apple Music

Mungkin ada di antara kamu yang belum kenal apa itu fitur Spatial Audio dan Lossless Audio di Apple Music. Untuk itulah kami mengajakmu untuk terjun lebih jauh dalam dua fitur ini.

Pada presentasi WWDC 2021, Apple memperkenalkan fitur Spatial Audio dengan Dolby Atmos di layanan Apple Music. Pelanggan layanan musik itu bisa menikmati kualitas suara lebih imersif lewat fitur tersebut, juga kualitas musik seperti aslinya dengan Lossless Audio.

Spatial dan Lossless Audio di Apple Music

Spatial Audio memungkinkan suara hadir dalam ruang 3D virtual. Jadi kamu bisa mendengar suara dari posisi tertentu, entah dari atas, kiri, belakang, dll. Kini fitur ini hadir dengan dukungan Dolby Atmos.

Sedangkan lewat Lossless Audio, kamu bisa mendengar lagu dengan kualitas maksimal, seperti yang direkam aslinya oleh sang musisi. Jadi bukan versi kompresi yang biasanya kita dengar pada streaming umumnya. Tapi ukuran file jelas lebih besar.

Nah, kamu bisa mengenali musik yang mendukung dua fitur di Apple melalui logo Dolby Atmos dan Lossless Audio. Misalnya di halaman album artis bersangkutan. Kamu juga bisa melihatnya di bagian bawah progress bar di lagu tertentu.

  • album yang mendukung spatial audio dan lossless audio di apple music
  • logo dolby atmos untuk spatial audio di lagu apple music yang mendukung

Seorang pengguna Reddit menemukan bahwa di iOS 15 Apple juga menambahkan fitur di iPhone yang bernama Spatialize Stereo. Fitur ini sepertinya merupakan usaha Apple mensimulasikan efek seperti yang dengan versi Dolby Atmos secara umum.

Perangkat Yang Mendukung

Pertanyaan selanjutnya mungkin apa saja perangkat yang mendukung fitur tersebut? Yah, karena ini teknologi yang boleh dibilang khusus (untuk saat ini), memang tidak semua perangkat mendukung.

Seperti yang disebutkan di halaman dukungan, perangkat—atau tepatnya speaker di perangkat—yang mendukung Spatial Audio dengan Dolby Atmos di Apple Music adalah:

  • AirPods
  • AirPods Pro dan AirPods Max
  • BeatsX, Beats Solo3 Wireless, Beats Studio3, Powerbeats3 Wireless, Beats Flex, Powerbeats Pro, atau Beats Solo Pro
  • iPhone XR dan yang lebih baru (kecuali iPhone SE)
  • iPad Pro 11-inci, iPad Pro 12.9-inci generasi 3, dan yang lebih baru
  • iPad generasi 6 dan yang lebih baru
  • iPad Air generasi 3 dan yang lebih baru
  • iPad Mini generasi 5.

Boleh dibilang semua perangkat Apple mendukung Lossless Audio, karena fitur ini lebih berhubungan dengan besar file dan bukan teknologi tertentu.

Setelan di Apple Music

Lalu, untuk menikmati kedua fitur itu di Apple Music, kamu harus mengaktifkannya terlebih dulu. Setelan Spatial Audio dengan Dolby Atmos dan Lossless Audio bisa kamu temukan di pengaturan Apple Music di bagian Audio.

Pilih Dolby Atmos untuk menentukan salah satu dari tiga pilihan: Otomatis, Selalu Aktif, atau Mati. Tentunya, pilihan ini tergantung pada perangkat yang kamu pakai (sudah dibahas di atas).

Pilih Kualitas Audio (Audio Quality) untuk menentukan apakah kamu mau mendengarkan lagu dalam Lossless Audio atau tidak. Kamu juga bisa menentukan kondisi koneksi untuk mendengarkannya, baik di koneksi seluler maupun Wi-Fi, dan juga untuk lagu yang kamu download.

  • setelan spatial audio dolby atmos apple music

Nah, sekarang kamu sudah lebih mengenal dua fitur andalan Apple Music ini. Sekarang silakan coba dengarkan lagu yang mendukung Spatial Audio Dolby Atmos dan Lossless Audio.

%d blogger menyukai ini: