Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Review SPC: Speaker Bluetooth Dengan Suara Ariel

Kalian tidak salah membaca judul di atas. Ya, speaker bluetooth yang mampir di meja review kamu memiliki gimmick suara Ariel Noah sebagai nilai jual. Tapi apakah kualitas speaker dari SPC ini sepadan dengan harga yang harus dikeluarkan?

Desain 

Seperti biasa, saya mulai dari segi desain. Speaker wireless dari SPC ini memiliki desain sama seperti speaker wireless pada umumnya. Speaker ada di kedua sisi, clip untuk menggantungkan speaker, indikator LED dan microphone serta 5 tombol fungsi yang terletak di bagian atas.

Ada sedikit hal yang mengganggu pada bagian tombol fungsi. Ada dua tombol dengan logo +- yang ternyata bukanlah tombol volume, melainkan tombol previous dan next. Tentu diawalnya sedikit membingungkan, dengan logo +- saya menyangka itu adalah tombol untuk mengatur besar-kecilnya suara.

Tentu dengan seringnya pemakaian, hal itu akan menjadi kebiasaan. Namun tentu ini merupakan hal fatal dalam sebuah desain UX. Terlebih lagi fungsi previous dan next sudah memiliki logonya sendiri.

Speaker Bluetooth
Tombol speaker

Satu hal lagi yang membuat saya sedikit terganggu adalah finishing pada cover speaker yang menggunakan karet. Finishing terlihat kotor. Saya sempat berfikir itu merupakan kesengajaan dengan memberikan kesan “kotor”, namun setelah melihat keseluruhan, akhirnya saya berfikir bahwa ini adalah masalah pada finishing.

Selain bagian tombol dan finishing, desain dari speaker bluetooth ini cukup bagus, ukuran tidak terlalu besar dan bobot juga cukup ringan.

[irp posts=”52503″ name=”Tambah Musik di Instagram Story dengan Storybeat”]

Fitur

Meskipun dibanderol dengan harga terjangkau, speaker bluetooth SPC ini membawa beberapa fitur yang menarik. Speaker ini memiliki fitur slot microSD. Kita bisa mendengarkan musik melalui kartu microSD yang sudah terisi file MP3. Fitur ini sangat bermanfaat buat kalian yang enggan menggunakan internet untuk streaming lagu.

Speaker bluetooth SPC ini sudah menggunakan teknologi Bluetooth 4.0 dengan jarak hingga 10 meter. Jarak tersebut cukup fleksibel apabila digunakan untuk conference call. 

Yupspeaker ini juga memiliki microphone, sehingga bisa disambungkan ke ponsel dan memudahkan kita untuk conference call.

Selain itu, kita akan menemukan jack audio 3.5 mm bilamana kalian ingin melakukan charging sambil mendengarkan lagu-lagu melalui PC.

Selain beberapa fitur umum tersebut, SPC juga membekali speaker bluetotth-nya dengan fitur tahan air dan hujan ringan. Tentu fitur ini akan sangat menyenangkan buat kalian yang suka mendengarkan musik di kamar mandi atau kolam renang. Tapi ingat ya, hanya cipratan air saja, jangan ditenggelamkan.

Fitur unik terakhir, dan sepertinya hanya dimiliki oleh speaker ini, yaitu adanya suara Ariel NOAH.

Seperti yang tertulis pada judul di atas, kalian akan mendengarkan suara Ariel sebagai pemandu apakah speaker tersebut sudah menyala, terkoneksi dengan PC/smartphone. Anggap saja seperti Ariel yang sedang memandu kalian.

Speaker Bluetooth
Slot

Baterai

Speaker Bluetooth dari SPC memiliki kapasitas baterai 1200 mAh. Dengan daya sebesar itu, kita bisa mendengarkan musik hingga 6 jam tanpa henti. SPC juga mengklaim bahwa speaker mereka hemat listrik, karena hanya membutuhkan 6 watt (3 watt x 2) saja.

Untuk urusan baterai, saya tidak ada masalah. Untuk melakukan pengisian daya hingga penuh pun juga tidak terlalu lama.

Suara

Saatnya membahas masalah inti. Kualitas suara dari speaker ini tidak buruk, namun juga tidak istimewa.

Saat saya coba mendengarkan berbagai macam lagu, seperti NOAH, ColdPlay hingga LinkinPark, suara yang dihasilkan tidak cukup bertenaga. Saya menduga, hal itu karena penempatan kedua speaker yang justru membuat suara treble dan bass-nya tidak bisa bersatu. Kualitas suara akan berbeda ketika saya mendengarkan dari setiap sisinya.

Namun mengingat harganya yang cukup terjangkau, maka kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker ini sangat bisa dimaklumi.

Unboxing

Kesimpulan

Jika kalian adalah penggemar Ariel atau NOAH, tentu saya akan menyarankan membeli produk ini. Namun jika kalian bukanlah fans Ariel atau NOAH dan memiliki budget lebih dari 500 ribu rupiah untuk sebuah speaker bluetooth, maka masih banyak pilihan lain.

Namun jika kalian memiliki budget terbatas, maka dengan harga sekitar 200 ribuan, Speaker Bluetooth SPC ini merupakan salah satu speaker bluetooth terbaik di kelasnya. Terlebih lagi, jika kalian suka mendengarkan musik ketika mandi atau bersantai di kolam renang. 

SHOPEE

More Stories
Inilah Tempat-tempat yang Dapat Membahayakan Smartphone