Terbaru Ini Dia Spesfikasi MacBook Pro 2018

maxresdefault

Apple Event yang diselenggarakan tanggal 30 Oktober 2018 kemarin memang masih memberi kesan tersendiri pagi para penggemarnya.

Tiga produk unggulannya pun sukses menyedot perhatian masyarakat yang menyaksikannya secara langsung.

Dari ketiga produk yang diluncurkan pada Apple Event kemarin, salah satunya adalah MacBook Air 2018.

Setelah sekian lama tak mengalami pembaruan, akhirnya MacBook Air kembali diluncurkan dalam versi terbaru dan dengan berbagai macam fitur baru yang jauh lebih keren dari generasi sebelumnya.

MacBook Air 2018 didesain dengan layar yang berukuran 13,3 inci dan beresolusi native 2.560 x 1.600 dengan didukung teknologi Retina Display.

Sumber Gambar : CNet

Salah satu produk terbaru dari Apple ini juga diklaimĀ  memiliki lebih dari 4 juga piksel, dan didukung dengan jutaan warna. Bingkainya pun di didesain 50 persen lebih tipis daripada generasi yang sebelumnya.

Dengan ukuran layar sebesar 13,3 inci, MacBook Air 2018 ini memiliki berat lebih ringan jika dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu sekitar 1,25 kg.

Dengan berat tersebut, sudah jelas bahwa MacBook Air versi terbaru memiliki berat 17 persen lebih ringan ketimbang generasi sebelumnya yang memiliki berat sekitar 1,35 kg.

Desain tipisnya sebesar 15,6 mm ini pun menunjukan bahwa produk terbaru dari Apple ini memiliki ketipisan 10 persen lebih tipis daripada MacBook Air sebelumnya, yaitu 17,5 mm.

Membahas dari segi desain , sudah jelas bahwa MacBook Air 2018 memiliki desain yang jauh lebih praktis, ringan, dan tentunya lebih terkesan elegan.

Satu hal yang membuatnya menarik dan berbeda dari yang lainya adalah bahan yang digunakan, siapa yang menyangka jika ketipisan yang ditampilkan pada MacBook Air 2018 ini berasal dari alumunium daur ulang.

Dengan bahan tersebut, jelas produk ini diklaim sebagai produk yang ramah lingkungan dengan tingkat emisi lebih rendah 47 persen dari versi sebelumnya.

Teknologi terbaru dari Apple seperti Touch ID, yang merupakan teknologi sensor sidik jari ala Apple yang sudah diterapkan pada MacBook Pro dan iPhone generasi 8 keatas, akhirnya diterapkan juga pada MacBook Air 2018 ini.

Sumber Gambar : PCMag.com

Selain itu, MacBook Air 21018 ini juga didukung dengan Apple T2 Security Chip layaknya standar MacBook Pro tahun lalu.

Beralih membahas segi produktivitasnya, MacBook Air 2018 Ā dilengkapi dengan ‘3rd-generation keyboard’ agar pengguna bisa mengetik lebih nyaman dan tepat.

Keybord ini pun didukung dengan touchpad yang memiliki teknologi Force Touch, dimana trackpad yag biasanya berfungsi sebagai mouse ini diperlebar 20 persen dari pendahulunya.

Dan untuk spesifikasi internalmya, MacBook Air 2018 ini dilengkapi dengan chip Intel core i5 generasi kedelapan.

Chip intel core i5 ini pun memiliki kecepatan 1,6 GHz sampai 3,6 GHz ( Turbo Boost), dan juga memiliki cache 4 MB dengan chip grafis Intel UHD 617.

Dari segi grafis, MacBook Air 2018 ini didukung dengan chip grafis eksternal yaitu eGPUs, chip ini bisa dicolokan melalui portUSB-C.

Sumber Gambar : SlashGear

Untuk konektivitasnya, MacBook Air 2018 ini didukung dengan hadirnya 2 colokan USB-C dengan fitur Thunderbolt, serta terdapat juga colokan earphone 3,5mm dan WiFi.

Bluetooth versi 4,2 yang ditenagai dengan baterai yang katanya kuat hingga 12 jam untuk browsing, 13 jam untuk menonton film di iTunes, serta kuat 30 hari dalam keadaan standby, juga menjadi salah satu spesfikasi andalannya.

Memori RAM dari MacBook Air 2018 ini di-upgrade menjadi 16 GB, peningkatan penyimpanan internal hingga 1,5 TB. Kapasitas ini pun jauh jika dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Bukan berhenti disitu saja, MacBook Air ini juga dilengkapi dengan kamera FaceTime yang beresolusi HD ( 720p) yang terletak di bagian atas tengah bingkai layar. Tambahan dual stereo speaker juga menjadi pemanisnya.

Sumber suara yang dihasilkan dari dual stereo speaker ini diklaim mampu menghasilkan suara 25 persen lebih nyaring dan memiliki kemampuan bass 2kali lipat ketimbang generasi pendahulunya.

Yang terakhir ini adalah mengenai harganya, untuk MacBook Air 2018 dengan RAM 8 GB & 128 GB dijual dengan harga Rp. 18,2 juta.

Sedangkan untuk MacBook Air dengan RAM 8 GB & 256 GB ini dijual dengan harga Rp. 21,2 juta.

Ada komentar?