Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A40

Setelah merilis Galaxy A20, A30, dan A50, Samsung rupanya masih menyimpan A40. Kabarnya Samsung telah resmi meluncurkan smartphone Samsung Galaxy A40 ini di Belanda.

Bersamaan dengan kabar tersebut, beredar kabar bahwa vendor asal Korea Selatan ini akan meluncurkan smartphone terbaru dari jajaran A secara global pada 10 April mendatang.

popculture.id

Jika seri pendahulunya memiliki kelebihan pada kapasitas baterai yang besar, Galaxy A40 ini memiliki kelebihan dalam segi fotografi.

Samsung Galaxy A40 dilengkapi kamera depan dengan resolusi sebesar 25 MP. Dengan resolusi sebesar itu, kamera depan Galaxy A40 ini bisa diandalkan untuk mengabadikan foto selfie dengan kualitas sangat baik.

Selain kamera, kira-kira fitur apa lagi ya yang disematkan oleh Samsung di Galaxy A40?

Desain layar

Sumber Gambar : IDN Times

Kalau dibandingkan dengan Galaxy A20 yang dirilis bersamaan, tipe layar ponsel Galaxy A40 ini cukup bagus yaitu menggunakan layar Super AMOLED dengan layar sentuh penuh dan menerapkan 16 juta warna yang sangat tajam. Layarnya sendiri berukuran 5,9 inci full HD+ dengan resolusi 1080 x 2340 piksel.

Seperti saudaranya yang lain, Galaxy A40 hadir dengan notch tetesan air. Di sana terpasang kamera depan dari Galxy A40

Performa

Sumber Gambar : iGyaan

Untuk kinerjanya, Samsung memodalinya dengan prosesor Exynos 7885 Octa-core dengan RAM 4 GB, memori internal 64 GB. Kapasitas penyimpanan internal ini bisa diperluas hingga 512 GB dengan memakai microSD.

Bahkan kinerja Galaxy A40 ini diklaim jauh lebih baik dibandingkan dengan seri pendahulunya yaitu Galaxy A20.

Kamera

Sumber Gambar : Kompas Tekno

Seperti disebutkan diatas bahwa Galaxy A40 memiliki keunggulan di segi fotografi, dengan dukungan kamera depan beresolusi hingga 25 MP. Para pengguna ponsel ini merasa dimanjakan karena dapat mengambil foto selfie dengan kualitas gambar yang tajam dan jernih.

Bahkan kamera ganda pun turut disematkan didalam ponsel ini. Sensor utamanya wide angle 16 MP dengan aperture (f/2.0) + ,sedangkan kamera keduanya ultra wide 5 MP (f/2.2, 12mm).

Para pengguna Galaxy A40 dapat mengambil foto dengan area yang lebih luas tanpa harus menggunakan mode panorama.

Sistem operasi & keamanan

Sumber Gambar : WinFuture

Dalam segi keamanan, Samsung telah melengkapi Galaxy A40 dengan fitur face unlock dan sensor fingerprint di bagian belakang bodi ponsel, serta beberapa konektor yang tertanam pada Galaxy A40, seperti port USB Type-C dan earphone jack 3,5mm.

Fitur tersebut memungkinkan para penggunanya dapat mengakses dan membuka kunci ponsel dengan cepat, hanya dengan melakukan pemindaian wajah dan sidik jari.

Sedangkan pada sistem operasi Galaxy A40 menggunakan sistem operasi Android terbaru yakni Android Pie dengan antarmuka teranyar dari Samsung, yaitu OneUI. Sehingga ponsel ini mampu membuka aplikasi dengan lancar dan cepat.

Fitur lainnya

Sumber Gambar : GSMArena.com

Selain beberapa fitur andalan yang telah disebutkan, satu yang penting yaitui soal baterainya. Mengapa demikian? Karena baterai sendiri memliki fungsi sebagai penyuplai daya setiap komponen yang ada.

Nah, guna menunjang hal tersebut Samsung Galaxy A40 mengusung baterai jenis Li-Po (Lythium Polymer) dengan daya baterai mencapai 3.100 mAh.

Walaupun kapasitas baterainya tidak sebesar Galaxy A20, namun baterai pada Galaxy A40 juga dapat bertahan cukup lama dengan pemakaian normal.

Samsung Galaxy A40 ini tersedia dalam 4 varian warna yaitu Black, Coral, Blue dan White, yang dibanderol dengan harga 249 Euro atau sekitar 4 juta Rupiah.

Saat ini Galaxy A40 baru beredar di kawasan Eropa saja. Belum ada keterangan resmi apakah ponsel ini akan masuk ke pasar Indonesia atau tidak. Kalau kamu tertarik untuk mengadopsi ponsel ini, sepertinya kamu masih harus sedikit lebih sabar menunggu ya.

    %d blogger menyukai ini: