Spotify Sponsor Utama FC Barcelona, Stadion Barcelona Ganti Nama “Spotify Camp Nou”

Indri Penulis

Spotify akan menjadi sponsor utama FC Barcelona musim depan. Nantinya, stadion Barcelona rencananya bakal ganti nama jadi “Spotify Camp Nou.”

Camp Nou adalah stadion yang sangat terkenal di kalangan pecinta bola. Pasalnya Camp Nou adalah salah satu stadion sepa bola paling ikonik di dunia. Tak hanya sebagai rumah dari FC Barcelona, Camp Nou juga tenar karena memiliki desain arsitektur yang unik dan memukau mata.

Baru-baru ini ada kabar terbaru tentang stadion Camp Nou. Stadion tersebut akan berganti nama menjadi “Spotify Camp Nou.” Lho kok mendadak? Ada apa nih?

Jadi begini, pergantian nama stadion menjadi “Spotify Camp Nou” adalah salah bagian dari perjanjian sponsorship antara Spotify dengan klub sepak bola FC Barcelona. Dengan begitu Spotify telah mendapat hak penamaan stadion. Nggak cuma itu saja, nama Spotify nanti juga akan muncul di kaus tim putra dan putri selama empat musim ke depan.

spotify sponsor barcelona

Sebenarnya ini belum keputusan akhir. Sebab dilansir dari The Verge, keputusan tersebut masih perlu diratifikasi oleh FC Barcelona’s Extraordinary Delegate Members Assembly dalam pemungutan suara yang diadakan 3 April 2022.

Namun diprediksi tak akan ada banyak kendala dalam hal itu. Pasalnya FC Barcelona sekarang punya hutang yang sangat besar. Bahkan mereka sampai menjual saham divisi produksi medianya tahun lalu.

Sementara itu, nilai kesepakatan antara Spotify dan FC Barcelona kabarnya mencapai $310 juta. Nantinya Spotify bakal menggunakan sponsornya untuk ‘memperkuat karya artis’ dengan cara menyatukan ‘dunia musik dan sepak bola, seperti memberi panggung global untuk pemain dan artis’ di Spotify Camp Nou.

Salah satu petinggi Spotify, Alex Norstrom mengatakan bahwa, “Spotify bekerja dengan Barca untuk meningkatkan akses kami ke elemn di dalam stadion, untuk memperkuat artis dan memungkinkan discovery.”

“Misalnya, menggunakan tampilan digital dinamis untuk menampilkan dan menargetkan secara geografis, artis yang relevan ke pemirsa TV global Barca. Sementara pemirsa di Eropa mungkin bisa melihat pesan tentang salah satu artis, dan pemirsa TV di India bisa disajikan pesan yang berbeda dan releval secara lokal,” lanjutnya.

Itu artinya, Spotify kemungkinan bakal berinvestasi dalam iklan stadion digital. Iklan tersebut akan berubah berdasarkan lokasi penonton, dan saluran tempat orang menonton pertandingan sepak bola.

Sayangnya baru itu yang diungkapkan oleh Norstrom soal kemitraan antara Spotify dan FC Barcelona. Ia cuma menambahkan kalau Spotify tengah mempertimbangkan ‘bagian menarik lainnya’ yang akan mereka bagikan akhir tahun ini.

Hm, sepertinya patut diantisipasi nih..

    %d blogger menyukai ini: