Start Screen Windows 10 Anniversary Update

Windows 10 Anniversary Update untuk pengguna PC sudah hadir kemarin, ada banyak perubahan dalam update mayor pertama dari Windows 10. Salah satunya adalah Start Screen. Bagi kalian anggota Insider, mungkin sudah melihat perbedaan pada Start Screen Windows 10 Anniversary Update, namun bagi kalian pengguna yang tidak mengikuti program Insider, tentu beberapa perubahan ini akan terlihat sedikit menyenangkan.

Start Screen Windows 10 Anniversary Update memiliki beberapa perubahan kecil, yang paling terlihat adalah ditambahkannya satu kolom di sebelah kiri untuk beberapa kategori fungsi seperti Power (logout, sleep, restart), Pengaturan, File Explorer dan Akun. Kemudian di paling atas ada hamburger menu yang sejauh kami tahu hanya memiliki fungsi sebagai expand menu untuk memberi keterangan pada ikon-ikon di bawahnya. Semoga Microsoft memberikan lebih banyak kegunaan pada hamburger menu tersebut.

Fitur baru yang ditambahkan pada Start Screen Windows 10 Anniversary Update adalah adanya fitur ‘Baru saja ditambahkan’ yang menampilkan informasi aplikasi atau software yang baru saja terpasang pada PC/laptop. Informasi ini terletak di paling atas dari Start Screen.

 

 

'Baru saja ditambahkan'
‘Baru saja ditambahkan’

Di sisi sebelah kanan dari list view, kita akan melihat live tile yang menjadi ciri khas Windows 8 dan Windows Phone. Konsep live tile merupakan konsep favorit saya, dan mengapa saat itu saya menyukai Windows Phone. Live tile menyajikan informasi singkat yang kita inginkan tanpa harus membuka aplikasi, seperti informasi cuaca, mention twitter, headline berita dll. Tapi akan lebih baik lagi jika Microsoft bisa memberikan fitur interaksi pada live tile.

[junkie-alert style=”white”] Baca juga:6 Game Mobile yang Asik dimainkan di Windows PC[/junkie-alert]

Tidak banyak perubahan yang terjadi pada Start Screen Windows 10 Anniversary Update, karena memang perubahan yang cukup signifikan justru akan membuat pengguna kebingungan.

Artikel ini merupakan seri bersambung dari artikel mengenal Windows 10 Anniversary Update, jadi kami akan berusaha mengulas secara detail apa hal baru pada update mayor dari Windows 10. Pastikan kalian subscribe atau bookmark blog.

Apakah kalian sudah mencoba Windows 10 Anniversary Update? beritahukan pengalaman kalian melalui kolom komentar, apakah perubahan Start Screen ini cukup menarik, biasa saja atau justru membingungkan?

More Stories
Review ASUS ZenPower 10050 mAh