5 Sumber Inspirasi Tema Foto Pre-Wedding di Internet

foto prewedding unik
Foto: Sweet Ice Cream Photography

Mencari tema foto pre-wedding memang menyenangkan, tapi juga sekaligus bikin pusing. Kebanyakan penyebabnya karena tidak tahu harus mencari referensi di mana. Kami akan membahas beberapa tempat yang memberikan banyak referensi tema pre-wedding.

Mungkin ketika kamu melihat sekilas, yang saya bahas di sini terlalu klise. Tapi kalau teliti, mereka bisa jadi alat yang dahsyat. Mari kita telusuri bersama-sama.


Baca juga: Cara Menggunakan Google Search dengan Lebih Baik


Pinterest

Media sosial ini boleh dibilang luar biasa dalam urusan referensi. Dalam hal mencari gambar, boleh dibilang Pinterest lebih dahsyat daripada Google.

Pinterest juga sering disebut media sosialnya cewek (walau banyak juga cowok yang eksis di sana). Bisa dimaklumi, karena perempuan lebih peka terhadap gaya. Sedangkan kaum pria yang hadir di sana biasanya adalah yang berhubungan dengan urusan desain, fotografi, ilustrasi, atau bidang kreatif lain. Bisa dibayangkan kan?

Selain itu, Pinterest memiliki kategori tersendiri untuk Wedding. Di situ kamu bisa menemukan semua yang berhubungan dengan proses dan konsep pernikahan. Mulai dari tata rambut, undangan, sampai tema pernikahan keseluruhan.

Kalau ingin mencari secara spesifik, ketik saja kata ‘prewedding photo’ di bilah pencarian. Niscaya akan muncul berbagai foto pre-wedding.

tema prewedding di Pinterest

Google Image

“Tanya Mbah Google”. Itu kata orang. Memang sebagai mesin pencari, Google sulit dicari tandingannya. Letak permasalahan yang sering muncul di sini adalah cara mencarinya.

Gunakan pilihan tabImages’ ketika mencari, atau langsung menuju ke image.google.com. Kemudian isilah bilah pencarian dengan apa yang kamu cari. Untuk hasil maksimal, cobalah mencari dengan beberapa variasi kata. Jangan lupa juga lihat saran pencarian yang lebih spesifik di bagian atas supaya bisa sesuai dengan konsep pernikahanmu. Dengan begitu kamu bisa menemukan banyak contoh foto prewedding.

foto pre wedding di google images

Flickr

Flickr adalah sebuah layanan untuk menyimpan dan berbagi foto. Sebelum Instagram populer, Flickr merupakan pilihan utama para pecinta fotografi. Bahkan sekarang pun masih. Samsung merupakan salah satu yang menggunakannya untuk galeri resmi.

Sama seperti di media lain, kita bisa mencari dan mendapat banyak referensi di sini. Yang menarik, kita bisa menentukan tema warna foto yang kita cari dengan memilih palet warna di bagian atas. Dengan demikian, kalau kamu ingin tema pre-wedding dengan nuansa warna tertentu, hal ini mudah dicari.

Karena Flickr juga digunakan sebagai tempat menaruh portofolio, kamu juga bisa menemukan wedding photographer dan mengontaknya. Kelemahannya, tidak mudah mencari berdasarkan lokasi.

cari inspirasi foto pre-wedding di flickr

Facebook

Facebook bisa memberikan apa yang kita cari kalau kita mau teliti. Begitu pun untuk foto pernikahan. Di media sosial terbesar di dunia ini, banyak orang berbagi foto mereka. Apalagi kalau mereka punya foto yang dibanggakan.

Di sisi lain, ada yang namanya Facebook Page, tempat para profesional berbagi dan mempromosikan karya mereka. Jadi, kamu bisa mudah menemukan foto keren dari berbagai portofolio wedding photographer.

Keuntungan lain mencari inspirasi foto di Facebook adalah kita bisa menentukan lokasi dan waktu. Jadi kamu bisa mencari yang dekat dengan lokasimu, dan bisa melihat tren foto pre-wedding pada tahun tertentu.

contoh foto prewedding di facebook

Instagram

Walaupun Instagram merupakan media sosial berbasis foto yang paling populer saat ini, lucunya saya justru menganggapnya sebagai yang paling lemah dalam mencari inspirasi. Kenapa? Pertama, fitur pencariannya terbatas. Paling pas ya coba-coba hashtag. Kedua, hasilnya tidak semua berupa foto pre-wedding. Banyak distorsi dari pengguna yang nebeng hashtag.

Keuntungannya, kalau kamu menemukan foto yang bagus — entah dari pengantin atau fotografernya — kamu bisa dengan mudah mengirim pesan.

hashtag Instagram prewedding


Baca juga: Tips Memotret Foto Hitam Putih Keren


Bisa dilihat, dari berbagai sumber di atas, sebagian besar adalah media sosial. Kenapa media sosial bisa memberikan contoh foto prewedding terbaik? Karena basisnya adalah pengguna, baik si pengantin itu sendiri, atau fotografernya.

Menurut saya begini. Kalau kamu mencari sebatas referensi, Pinterest dan Google bisa memberikan hasil yang banyak. Seperti yang saya sebutkan di atas, untuk hal yang lebih spesifik, Pinterest sedikit lebih baik. Sedangkan kalau kamu ingin mencari referensi foto dan siapa fotografernya, Facebook atau Instagram mungkin lebih tepat. Lalu Flickr bisa membantu untuk mencari tema warna atau corak foto yang bagus.

Semoga apa yang saya tulis di sini bisa menjadi pencerahan dalam berburu contoh foto pre-wedding. Jangan lupa mencoba beberapa variasi pencarian. Lalu, kalau sudah menemukan tema foto yang cocok, lihat juga siapa fotografernya. Kalau memang terjangkau lokasinya, silakan kontak pihak yang bersangkutan. Kalau tidak, kirimlah foto tersebut ke fotografermu. Selamat berbahagia.

%d blogger menyukai ini: