Superbook: Bikin Android Jadi Laptop

Superbook

Satya Nadella, CEO dari Microsoft memprediksi bahwa di masa mendatang, PC sudah berada dalam genggaman. Oleh karena itu, Microsoft memberikan fitur masa depan di smartphone Windows 10 mobile yang dinamakan Continuum. Dengan fitur tersebut, kita bisa mengubah ponsel menjadi PC.

Konsep PC dalam genggaman ternyata sudah mulai banyak diadopsi oleh Android. Yang paling anyar adalah Superbook, sebuah shell laptop yang menggunakan ponsel Android sebagai mesinnya.

Superbook dibuat oleh tim yang sama dengan tim yang mengerjakan AndromiumOS (beta), sebuah aplikasi yang bisa mengizinkan sistem operasi Android yang ada di ponsel berjalan seperti desktop. Meskipun berbeda, namun secara konsep, AndromiumOS ini mirip dengan Continuum. Andromium = Android + Continuum?

Cara kerja Superbook sangat sederhana, unduh aplikasi Andromium di ponsel Android (minimal Android 5.0 ke atas), hubungkan ponsel ke Superbook menggunakan kabel micro-USB atau USB-C dan Superbook akan menyala.

superbook-1

Yang menjadi kendala dari Android saat diubah menjadi seperti desktop adalah, Android merupakan sistem operasi yang hanya dirancang untuk kebutuhan mobile. Berbeda dengan Windows 10 yang memang di desain untuk bisa menjalankan aplikasi di berbagai peranti dengan pendekatan Universal Windows Platform (UWP).

Namun bukan berarti konsep Andromium ini tidak memiliki potensi sama sekali. Dengan pengguna ponsel Android yang mendominasi pasar gadget di seluruh dunia, konsep ini bisa ditujukan untuk pengguna yang hanya membutuhkan ‘layar besar’ untuk bekerja (seperti mengolah dokumen, edit gambar sederhana, dll).

Sampai saat ini, proyek Andromium merupakan proyek yang dikerjakan oleh pihak ketiga, bukan resmi dari Google. Jadi kita tidak bisa berharap bahwa pendekatan ini akan diterima oleh Google itu sendiri.

Jadi sampai saat ini, saya bisa mengatakan bahwa, jika kalian menginginkan pengalaman PC dalam genggaman yang sebenarnya, Windows 10 masih pilihan terbaik. Tapi siapa yang tahu, Google bahkan mungkin Apple akan mengadopsi tren ini dengan pendekatan mereka sendiri.

Superbook ini sendiri akan dijual dengan harga mulai dari $99 melalui kickstarter.

sumber: The Verge

More Stories
5 Rekomendasi Aplikasi Tes CPNS