System76 Oryx Pro – Laptop Linux Portabel Terbaik

Bagi penggemar Linux, kalian tentu akan senang jika menggunakan laptop Linux. Cobalah System76 Oryx Pro, ini adalah laptop portabel Linux terbaik.

Saat ini kita bisa melihat pemakaian teknologi AI dan Big Data dimana-mana. Baik dalam proyek di seluruh dunia, hingga toko pengecer perangkat.

Sayangnya penggunaan Big Data dan AI memakan banyak ruang. Selain itu, orang sulit mendapatkan kedua teknologi itu dalam satu paket portabel.

Tapi masalah di atas tidak akan terjadi saat kalian menggunakan System76 Oryx Pro. System76 Oryx Pro diklaim sebagai laptop portabel Linux yang paling bagus.

Laptop Portabel Serbaguna dan Kuat

Sumber Gambar : Ubuntu Free

System76 Oryx Pro dibuat dengan desain tipis namun kuat. Sebenarnya laptop Linux ini bukan barang baru di pasaran, tapi keberadaannya mendapat perhatian banyak pihak.

Oryx Pro menggunakan distro Linux buatan mereka sendiri yaitu, Pop OS. Baru-baru ini, perusahaan telah menambahkan teknologi AI dan Big Data dalam Oryx Pro.

Banyak pengembang mencari perangkat yang serba guna. Oryx Pro menawarkan solusi untuk masalah tersebut, ini sebabnya banyak pengembang mengincar laptop ini.

Biasanya laptop akan macet saat pengembang memakai aplikasi berat. Tapi hal ini dapat diatasi dengan mudah oleh Oryx Pro.

Uniknya, pengguna memiliki akses untuk memodifikasi spesifikasi perangkat. Kalian bisa memilih Pop OS bawaan mereka, atau menggunakan distro Linux lain yang kalian inginkan.

Sayangnya keamanan laptop ini tidak terlalu diprioritaskan. Jika kalian mencari laptop Linux paling aman, maka gunakan laptop seperti Purism Librem 13.

Spesifikasi

Sumber Gambar : Golem

Jika kalian amati, laptop ini memiliki bentuk sangat ramping. Bodi laptop terbuat dari bahan aluminium dengan layar HD 15 β€œ dan 17” HiDPI + IPS ekstra.

System76 Oryx Pro dibanderol dengan harga sekitar Rp 23,9 juta. Laptop ini menggunakan prosesor GTX 1060 dan i7-8750H yang kuat.

Mungkin jika kalian bukan seorang pengembang, maka harga di atas terasa mahal. Sebab laptop portabel ini sebenarnya memang ditujukan untuk pengembang.

Tapi jika kalian mau, kalian juga bisa mendapat laptop dengan prosesor GTX 1070 dan i8, RAM DDR4 (2400 Mhz). Tentunya spesifikasi tersebut diimbangi harga yang lebih mahal.

Laptop ini juga bisa digunakan untuk aktivitas gaming. Sebab GTX 1060 memiliki VRAM 6GB, sedangkan GTX 1070 dibekali VRAM 8GB.

Oryx Pro bisa menggunakan RAM yang mencari 32GB. Sementara itu, prosesor i7-8750H berjalan dengan clock speed 4,1 GHz. Bagian unik dari Oryx Pro adalah, pergantian NVIDIA menjadi GPU Intel.

Laptop ini bisa menampilkan proyek dengan multi-monitor command. Hal tersebut dilakukan menggunakan dua display port dan 1 HDMI support.

Uniknya, laptop ini bahkan memiliki 3,1 juta piksel lebih banyak daripada retina. Jadi bisa disimpulkan apabila Oryx Pro cocok untuk pengembang, programmer, aktivitas film, game, dll.

More Stories
Tak Kalah Seru dari Harvest Moon, Ini Dia 5 Game Farming Terbaik Android