Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Facebook Bikin Tab Baru Home dan Feeds, Fungsinya Buat Apa?

Indri Penulis

Ada kabar terbaru dari Facebook! Umpan Berita alias News Feed Facebook sekarang terpecah jadi dua jenis tab yakni menjadi “Home “ dan “Feeds.”

“Home” adalah nama baru untuk tab yang dilihat pengguna saat pertama kali membuka aplikasi Facebook. Tab ini dirancang untuk penemuan konten yang didasarkan pada algoritme Facebook. Konten-kontennya sendiri mencakup Reels, Story dan konten hasil personalisasi lainnya.

popculture.id

Sedangkan untuk tab “Feeds,” ini adalah tab yang baru pertama kali ada di Facebook. Tab ini akan menampilkan kirim terbaru dari teman, grup, Halaman Facebook, dan favorit berdasarkan ‘waktu postingnya’ (jadi nggak sesuai dengan algoritma Facebook ya).

Tab Home dan Feeds bisa diakses di aplikasi Facebook versi Android dan iOS. Kedua tab ini akan muncul di bilah pintasan. Dalam pengumuman resminya, Meta mengatakan kalau konten yang tampil di tab tersebut dirancang untuk berubah berdasarkan tab mana yang paling banyak dipakai pengguna. Tapi tab bisa disematkan untuk memastikan posisi mereka tidak berubah.

Untuk peluncurannya sendiri, Meta mengatakan kalau kedua tab tersebut akan diluncurkan secara global selama seminggu mendatang.

Menariknya, ternyata pembuatan dua tab ini ada sejarahnya sendiri lho. Rupanya CEO Meta, Mark Zuckerberg sadar kalau ‘algoritma’ platform-nya kurang disukai oleh pengguna Facebook.

Tab Home (Pojok Kiri) dan Feeds (Pojok Kanan)

Salah satu fitur yang paling banyak diminta untuk Facebook adalah memastikan orang tidak melewatkan postingan teman,” kata Mark.

Jadi hari ini kami meluncurkan tab Feed tempat kalian bisa melihat kiriman dari teman, grup, Halaman, dll, secara terpisah dalam urutan kronologis. Aplikasi masih akan terbuka untuk uman yang dipersonalisasi di Home, tempat mesin penemuan kami akan merekomendasi konten yang menurut kami kalian minati. Tapi tab Feed akan memberi kalian cara untuk menyesuaikan dan mengontrol pengalaman pemakaian lebih jauh,” lanjut Mark.

Tab Feeds

Oya perlu kamu tahu, tab Home nantinya akan tetap menampilkan postingan dari teman atau keluarga yang diikuti oleh pengguna. Tapi postingan tersebut akan tetap dikelilingi oleh rekomendasi postingan yang dipilih oleh sistem peringkat pembelajaran mesin Facebook. Selain itu nantinya juga akan tetap ada iklan di tab Feed.

Kalau dipikir-pikir, sebenarnya kedua tab baru yang dihadirkan Facebook kelihatannya masih akan ‘tumpang tindih.’ Bagaimana tidak, untuk apa ada tab Feed kalau misalnya postingan di dalamnya masih dikelilingi oleh postingan hasil rekomendasi algoritma Facebook. Ya nggak sih?

Padahal kalau misalnya tab tersebut benar-benar bisa ‘berbeda,’ pasti hasilnya akan sangat memuaskan pengguna. Ya seperti yang kita tahu, beranda Facebook tuh ramai banget. Tapi bukan ramai oleh status teman yang nongol, tapi justru ramai oleh status-status dari orang atau Halaman yang bahkan kita saja tidak kenal / mengikutinya.

Saya pribadi, jujur sekarang malas pakai Facebook gara-gara itu. Saya membuat Facebook untuk bisa mengetahui status terbaru yang dibuat teman-teman saya. Tapi sekarang ketika saya membuka beranda Facebook, malah mayoritas yang muncul adalah status orang-orang yang nggak saya kenal. Kalau menurut kamu gimana?

    %d blogger menyukai ini: