Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Tag Editor: Membenahi Tag Lagu di Koleksi Musik

Anom Penulis

Salah satu masalah saat kita melakukan sinkronisasi koleksi lagu kita dari komputer ke ponsel adalah tag-nya. Apalagi kalau berbeda platform. Ada yang nama penyanyinya nggak ada, judul albumnya nggak ada, atau gambar sampul (album art) nggak ada. Mungkin ada yang tidak peduli. Untuk yang risih dengan hal semacam ini, di Windows Phone ada aplikasi yang bisa membantu. Selain MPA Tool, salah satunya adalah Tag Editor.

Tag Editor merupakan aplikasi pelengkap yang cukup manis (walau tidak semanis #KamisManis). Terakhir saya cek, MPA Tool belum berfungsi di Windows Phone 8.1. Tag Editor, di sisi lain, bisa.

Tampilan Tag Editor sangat sederhana. Yah, seperti aplikasi Files. Hanya menunjukkan hirarki dan daftar file saja.

Tag Editor mengijinkan kita untuk melakukan edit tag untuk masing-masing lagu atau sekaligus banyak lagu (bulk edit). Fitur edit sekaligus banyak lagu ini berguna kalau lagu-lagu tersebut berasal dari satu album. Oya, nama file dan tag lagu berbeda. Jadi jangan kuatir kalau di folder musik ada angka di depan judul lagu. Kalau di player muncul seperti itu, nah… itu yang kudu dibenahi.

Tag apa saja yang bisa kita edit? Title, Album, Artist, Album Artist, Genre, Year, dan Track Number, juga Album Art. Sebagai catatan, kolom Album Artist harap diisi. Dari yang saya coba, Kolom itu yang berpengaruh di player. Lalu, Tag Editor juga tidak mencari data secara online. Kita harus memasukkan entri sendiri, termasuk untuk album art.

Beberapa catatan lain, Tag Editor tidak bisa menyimpan data tag lagu kalau lagu tersebut sedang dimainkan. Bahkan kalau sedang berhenti. Cek lewat tombol volume apakah lagu tersebut masih ada di player. Kalau masih, coba mainkan lagu lain. Kemudian, ada baiknya setelah kita menyimpan data tag, kita membuka koleksi lagu kita melalui aplikasi player musik lain selain Xbox Music. Misalnya ModernMusic. Kalau aplikasi musik itu sudah menyegarkan kembali (apa sih bahasa Indonesianya refresh? :D) daftar lagunya, bolehlah kita buka Xbox Music. Agak tricky ya?

Baca Juga:  16 Aplikasi Audio Editor Terbaik untuk PC & Laptop yang Populer

Tag Editor bisa didapat dengan gratis di bursa Windows Phone. Aplikasi ini bekerja di Windows Phone 8.1.