Takut Foto Lama Rusak? Begini Cara Scan Foto Lama Agar Tidak Rusak

Foto lama memang memberikan banyak kenangan pada kita. Supaya tidak hilang atau rusak, simak cara scan foto lama berikut ini.

Orang-orang biasanya masih memiliki foto lawas di rumah mereka. Baik itu foto keluarga, foto diri sendiri saat masih kecil, dll. Tentunya, foto lama memiliki kenangan tersendiri bagi setiap orang.

Sayangnya, foto lama biasanya cepat rusak. Sebab foto tersebut mungkin telah dicetak bertahun-tahun yang lalu. Tidak hanya itu, foto lama juga bisa hilang.

Supaya foto-foto lama kalian tidak rusak atau hilang, kalian bisa scan foto tersebut. Nah, kali ini saya akan berbagi cara scan foto lama.

Seperti apa cara scan foto lama? Yuk, langsung saja simak tips berikut ini:

Cara Mudah untuk Scan Foto Lama

Scan Manual dengan Scanner

Sumber Gambar : Wirecutter

Sebelum memindai foto lama, pastikan kalian sudah menata rapi foto yang ingin dipindai. Agar lebih hemat waktu, kalian bisa pindai foto lama yang penting saja.

Setelah itu, jangan lupa untuk bersihkan debu dan kotoran yang ada di foto. Gunakan kain halus atau kapas untuk membersihkan foto.

Selanjutnya, siapkan scanner yang akan digunakan. Periksa pengaturan pada scanner. Pilih kualitas minimum 300 dpi (foto ukuran kecil), dan 600 dpi (jika ingin memperbesar foto).

Saat melakukan proses pemindaian, kalian harus memeriksa scanner secara berkala. Pastikan mesin tersebut memindai dan menyimpan gambar dengan benar.

Scan Melalui Aplikasi Scanner

Sumber Gambar : Photomyne

Cara kedua ini menurut saya yang paling simpel. Kalian dapat memindai gambar tanpa menggunakan uang sepeser pun. Kalian cukup menggunakan smartphone.

Saat mengambil foto dari kamera ponsel, biasanya gambar akan terlihat silau, ada distorsi, dll. Namun dengan menggunakan aplikasi scanner, masalah tersebut tidak akan terjadi.

Salah satu aplikasi scanner yang bisa kalian gunakan adalah PhotoScan. Aplikasi ini bisa kalian download secara gratis di Play Store atau App Store.

PhotoScan akan mengambil banyak foto dari setiap cetakan. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas foto, menghilangkan silau, dan memperbaiki distorsi.

Download

Download