Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Galeri di Aplikasi Google Photos Punya Tampilan Lebih Bagus

Lebih mudah dilihat dan lebih mudah diatur

Anom Penulis

Google Photos merupakan salah satu aplikasi galeri paling baik, terutama untuk Android. Kini Google memperbarui tampilan Galeri di aplikasi Google Photos itu menjadi lebih baik. Sehingga lebih mudah dipakai.

Selain sebagai aplikasi untuk menunjukkan koleksi foto dan video, Google Photos juga menjadi bagian dari penyimpanan cloud. Fiturnya di Android begitu banyak dan memudahkan pengaturan koleksi (di iOS jauh berkurang).

Salah satu kelebihan Google Photos adalah adanya berbagai folder terpisah dari berbagai aplikasi dan fitur (seperti Tangkapan Layar dan Rekaman Layar). Kita bisa mengatur mana yang ingin kita sinkronkan (di iOS tidak bisa).

Fitur Baru Google Photos

Kini Google memberikan tampilan baru pada Galeri yang berisi folder tersebut. Dengan begitu, kita bisa melihat dan menatanya dengan lebih nyaman. Mari kita lihat.

Tampilan Galeri Baru

Sebelum ini, Google Photos menampilan folder dalam bentuk slide menyamping (horizontal) dan album dalam bentuk grid. Kini tampilan folder di Galeri juga akan berbentuk grid. Dengan begitu kita bisa melihat gambar thumbnail lebih jelas.

Selain tampilan grid, Google juga menawarkan tampilan list (daftar) jika kamu lebih memilihnya. Lalu Google juga menambahkan sistem sortir media yang lebih baik. Sehingga kamu bisa melihat pengelompokan foto dan video milikmu.

Kemudian, Google juga memberi pilihan ‘Import Photos’. Fitur ini memungkinkan kamu mengimpor foto dan video dari media lain, misalnya dari pindaian foto atau dari kamera.

Tampilan Berbagi Album Baru

Tampilan baru juga hadir pada Album yang kamu bagi dengan keluarga atau teman. Kamu bisa melihat pembagian yang lebih baik. Termasuk untuk rekan, album berdasar tema yang kamu buat, atau obrolan yang ada.

Tampilan baru untuk halaman Berbagi ini akan segera meluncur ke aplikasi Android dan akan menyusul di iOS.

Pintasan untuk Tangkapan Layar

Salah satu hal menyenangkan dari Google Photos di Android adalah aplikasi ini memisahkan folder dari tangkapan layar dengan dari kamera. Kita bisa memilih apakah mau melakukan sinkronisasi atau tidak (di iOS semua otomatis tersinkronisasi dan tercampur aduk).

Tapi mungkin kamu suka lupa kalau ada folder ini dan akhirnya memenuhi penyimpanan. Untuk mengingatkan, Google meletakkan pintasan untuk folder Tangkapan Layar di halaman utama.

Semakin Nyaman Dipakai

Bagi saya, fleksibilitas Google Photos masih belum bisa dikalahkan oleh aplikasi lain. Pemisahan folder dan pilihan mana yang ingin kita unggah ke cloud membuat aplikasi ini sangat powerful.

Apple, di sisi lain, mengalami kemunduran dengan menghapus folder Camera Roll. Yah, mungkin bagi mereka sinkronisasi akan berjalan lebih simpel, sehingga kamu tidak perlu repot memilih. Tapi akibatnya, foto dan video jadi bercampur aduk di sana (kita harus memisahnya sendiri).

Dengan pembaruan di Galeri ini, Google Photos semakin membuat perbedaan fitur itu lebih besar lagi. Yah, paling tidak di Android dan menurut saya. Tapi kalau kamu belum pernah pakai aplikasi ini, silakan coba. Sedangkan kamu yang sudah pakai, silakan tunggu pembaruan ini tiba di aplikasimu.