Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Spotify Perbarui Tampilan Home dengan Opsi Feed Baru yang Lebih Pas

Indri Penulis

Spotify resmi meluncurkan pengalaman Home baru yang mencakup feed terpisah untuk “Music” dan “Podcasts & Shows.” Cek di sini buat lihat tampilannya.

Nggak terasa, sudah dua tahun sejak Spotify terakhir kali melakukan pembaruan pada tampilan Home-nya. Waktu itu di tahun 2020, Spotify meng-upgrade tampilan Home dengan menghadirkan cara agar pengguna bisa menelusuri rekomendasi langsung dari halaman utama.

popculture.id

Perombakan juga turut mencadangkan 6 tempat teratas di bawah sapaan harian, di mana pengguna bisa lanjut mendengarkan konten yang mereka dengarkan sebelumnya.

Di tahun 2022 ini, akhirnya Spotify kembali merombak tampilan layar Home mereka. Dengan pembaruan ini, sekarang saat pengguna Spotify meluncurkan aplikasi, pengguna akan melihat dua umpan di bagian atar layar beranda.

Kedua feed / umpan tersebut dibagi menjadi Music dan Podcasts & Shows. Lewat pembagian ini, harapannya pengguna Spotify bisa menemukan konten yang mereka cari dengan lebih mudah.

Feed Music, sesuai namanya akan memberikan pengguna akses cepat untuk mendapatkan saran berdasarkan selera musik mereka. Feed ini juga menyertakan rekomendasi album dan daftar putar. Di sana juga akan ada tombol yang bisa dipakai pengguna untuk berbagi, menyukai, dan juga memutar musik kesukaan mereka.

Sedangkan feed Podcasts & Shows bakal memberikan pengguna akses cepat ke episode terbaru dari acara favorit mereka, sekaligus merekomendasikan podcast yang sebelumnya telah dipersonalisasi. Pengguna juga bisa membaca deskripsi episode, menyimpan podcast ke Your Episode, dan mulai memutar podcast seperti biasa.

Seperti yang kamu lihat dalam gambar di atas, pengguna bisa menekan tombol “X” pada feed musik dan podcast untuk keluar dari feed, dan kembali ke pengalaman Home seperti biasa.

Perlu dicatat, tampilan feed baru ini nggak akan mengambil alih beranda sepenuhnya. Pengguna masih bisa melompat kembali ke konten yang baru diputar dan top mix (campuran teratas). Keberadaan feed baru saat ini cuma dirancang agar pengguna bisa menemukan konten baru ‘sesuai jenisnya’ dengan lebih cepat.

Oya untuk sementara ini, pembaruan layar Spotify Home baru tiba untuk pengguna aplikasi Android. Sedangkan pembaruan untuk aplikasi iOS akan menyusul.

    %d blogger menyukai ini: