Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Percantik Tampilan Windows Dengan Rainmeter Skin

Percantik Tampilan Windows Dengan Rainmeter Skin

Rasanya jenuh nggak sih liat tampilan windows yang itu-itu aja? Solusinya paling juga cuma ubah wallpaper, dan lagi-lagi ya gitu-gitu aja. Tampilan desktop memang sangatlah penting buat hilangkan kebosenan, ibarat desktop adalah tampilan yang menentukan mood ketika pas nyalain PC.

Setelah searching-searching, ada satu aplikasi yang menurutku sangat membantu buat redesain desktop. Aplikasi ini mampu ubah tampilan secara total, bukan tampilan ala windows atau mac, tapi benar-benar baru, aplikasi itu adalah Rainmeter Skin. Dijamin kamu nggak bakal bosen kalau udah punya aplikasi ini.

popculture.id

Rainmeter menjadi aplikasi nomor satu dalam hal ubah tampilan windows, karena pengaturannya yang sangat editable dan tersedia widget yang sangat variatif. Bahkan kita bisa setting transparansi juga loh.

Yang Perlu Kamu Tahu Dari Rainmeter Skin

Untuk bisa memiliki aplikasi Rainmeter, kamu bisa mengunjungi website resminya untuk men-download dan mendapatkan update-nya. Dalam proses penginstalan kamu juga bisa memilih mau install full atau portable.

Setelahnya kamu coba running aplikasi tersebut, maka kamu akan disuguhkan dengan berbagai widget keren yang mengambang. Saran saya matikan dulu semuanya, barulah kamu mulai sendiri mana saja yang ingin kamu tampilkan dan atur posisinya.

Caranya cukup mudah kok, klik kanan pada widget> tutup skin. Bisa juga langsung setting sekalian melalui pengaturan rainmeternya dengan cara:

  • Cari logo rainmeter di Taskbar / Start
  • Klik logo Rainmeter untuk membukanya
  • Pada kolom skin-skin kamu akan temukan beberapa folder seperti explore
  • Klik salah satu, misalnya Clock
  • Pilih Clock.ini
  • Di kolom sebelah kanan kamu bisa atur mulai dari ubah ukuran, posisi, transparensi, bahkan edit codenya jika memang kamu paham
  • Lakukan hingga mendapat hasil desain yang kamu suka

Alternatif Desain Skin

Salah satu yang membuat rainmeter ini menarik adalah komunitasnya yang hidup. Jadi kita bisa share info atau mendapat desain bagus tanpa susah-susah untuk membuat sendiri. Beruntungnya rainmeter sudah dibekali dengan fitur backup dan restore.

Diantara pilihan skin-skin tersebut yang paling populer adalah omnimo. Omnimo menjadi alternatif desain rainmeter terbaik saat ini. Karena disamping menu skinnya banyak, omnimo sudah direpack dalam satu zip dan exe yang siap dikombinasikan dengan aplikasi Rainmeter.

Untuk mendapatkannya, kamu cukup kunjungi website resminya langsung di omnimo.info. Di sana kamu tinggal download file yang sudah disediakan, pilih, dan atur ulang skin yang tersedia.

    %d blogger menyukai ini: