Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Awas! Ini Beberapa Tanda GPU Kamu Mulai Rusak dan Minta Ganti

tanda gpu rusak
Indri Penulis

GPU kamu mulai bermasalah? Jangan-jangan udah minta ganti tuh. Kenali tanda GPU mulai rusak dan minta ganti berikut ini yuk!

GPU adalah salah satu komponen terpenting dalam PC. Item ini menangani segala pemrosesan visual yang ada di PC. Kalau sampai performa GPU terganggu, maka hal tersebut akan membuat pengalaman memakai PC menjadi tidak nyaman dan bahkan bisa menghambat produktivitas.

popculture.id

Sayangnya nggak peduli seberapa mahalnya GPU yang kamu punya, GPU adalah produk elektronik yang lambat laun pasti akan ‘habis masa pakainya.’ Saat mendekati waktunya, GPU perlahan akan mulai bermasalah.

Dalam ulasan kali ini, saya akan membeberkan beberapa tanda GPU sudah mulai rusak dan minta ganti. Harapannya setelah kamu membaca ulasan ini, kamu bisa mengetahui lebih dini kapan GPU mulai minta ganti dan kamu dapat bersiap menyediakan budget untuk menggantinya.

GPU Hampir Mati

Nggak sedikit orang yang tidak menyadari kalau sebenarnya GPU mereka akan segera rusak. Hal ini ditandai dengan berbagai hal. Contohnya PC kamu mulai sering crash saat memuat atau dipakai bermain game.

Tanda lain dari kegagalan CPU adalah tampilanmu mengalami gangguan saat dipakai bermain game, menonton video atau bahkan aktivitas lain yang membutuhkan kinerja GPU secara berlebih (contoh untuk aktivitas pemodelan, desain grafis, dll).

Nggak cuma itu, biasanya GPU yang mau mati juga ditandai dengan sering munculnya layar biru di komputer. Hal ini menandakan kalau GPU-kamu akan rusak total dan mau nggak mau memang perlu diganti.

GPU Macet

Macetnya GPU biasanya terjadi kalau mereka membatasi sebagian besar kinerja CPU-mu. Hal ini biasanya terjadi saat pengguna memasangkan GPU kelas rendah dengan CPU kuat. Hal tersebut akan menyebabkan kemacetan, dan komputer tidak akan bisa berjalan dengan benar.

Macetnya GPU juga bisa mengarah ke hal lain lho. Misalnya saat kamu memasangkan CPU baru yang kuat dengan GPU versi jadul, kamu tidak akan menerima output pemrosesan maksimum untuk kedua perangkat keras itu.

Sering “Blue Screen of Death Error”

Sudah pernah menjumpai tampilan di PC-mu? Kalau iya, kamu wajib waspada. Pasalnya error ini biasanya mengindikasikan adanya masalah yang cukup serius di PC. “Blue Screen of Death Error” bisa disebabkan oleh buruknya modul RAM, HDD yang rusak, atau bahkan GPU yang sudah rusak.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa coba jalankan game yang menuntut kinerja GPU berlebih. Lalu lihat, apakah PC-mu akan menamiplkan “Blue Screen of Death Error” atau nggak.

Kalau iya, masalahnya sudah mulai ketemu. Pastikan kamu menyalin pesan error yang tampil di layar. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mencari tahu apa yang salah pada komputermu nanti.

Oke itu tadi beberapa tanda GPU mulai rusak dan minta ganti. Kalau misalnya GPU-mu benar-benar perlu diganti, pastikan GPU yang kamu pilih benar-benar cocok dengan CPU PC-mu ya. Selain itu pilihlah GPU yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan budget ya.

    %d blogger menyukai ini: