Ini Dia 5 Tanda Kamu Harus Ganti Laptop Baru

Kamu pasti merasa berat jika harus mengganti laptop lamamu kan? Mungkin bukan karena tak mampu, namun karena banyaknya kenangan yang sudah kamu lalui bersamanya.

Hampir setiap hari kamu habiskan waktu bersama laptop lamamu tersebut, mulai dari mengerjakan tugas hingga larut malam, sampai menonton video bersama sahabat maupun kekasihmu.

Apalagi jika di dalam laptop-mu terdapat data-data penting maupun data-data dari masa lalu yang begitu banyak. Tentu hal itu semakin memberatkan niatmu untuk menggantinya.

Tapi sampai kapan kamu harus bertahan dengan laptop lama-mu? Apakah kamu akan terus memaksa untuk menggunakannya?

Tentu hal itu tak baik jika kamu paksakan, semua barang memiliki batas umurnya. Suatu hari nanti laptop-mu pasti akan mati dan mau tak mau kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Sebelum laptop-mu mati total dan akhirnya membuatmu menyesal, perhatikan saja tanda-tanda kapan kamu harus mengganti laptop baru.

Laptopmu masih tebal

Sumber Gambar : WinPoin

Di zaman yang semakin canggih ini, banyak sekali modifikasi laptop yang sedemikian rupa hingga akhirnya memiliki bentuk yang sangat tipis dibanding laptop jadul.

Laptop yang masih tebal memiliki suara yang cukup keras ketika dinyalakan, serta sangat berbahaya jika terjatuh.

Dan hal yang paling merepotkannya lagi, laptop dengan ukuran tebal akan membuat punggungmu mati rasa ketika harus membawanya saat berjalan-jalan.

Jadi untuk membuatmu tetap nyaman saat pergi kemana-mana kamu membutuhkan laptop dengan ukuran yang lebih ringan dan tipis.

Mudah panas

Sumber Gambar : spaceku.com

Saat pertama membeli laptop, mungkin kamu membutuhkan waktu lebih dari dua jam untuk mengubah laptopmu menjadi sebuah panggangan, karena pemakaiannya yang terlalu berat.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, kamu hanya membutuhkan waktu 30 menit saja untuk membuat laptopmu terasa sangat panas dan akhirnya tak nyaman lagi digunakan.

Hal ini biasanya disebabkan karena debu dan kotorn yang menumpuk di dalam laptop, sehingga udara tidak bisa keluar dengan baik.

Jika hal itu terjadi pada laptopmu, kamu harus segera membersihkannya. Namun, jika kamu sudah membersihkannya dan masih saja mudah panas, lebih baik kamu segera menggantinya, karena resikonya dapat meledak.

Keyboard tidak berfungsi

Sumber Gambar : Kaskus

Ketika laptop-mu sudah berumur, mungkin kamu akan merasakan keyboard yang tidak berfungsi dengan baik lagi.

Meskipun hanya satu tombol saja yang bermasalah, tentu hal tersebut sangat mengganggu bukan?

Daripada kamu harus membeli keyboard ekternal yang harus bergantung pada on-screen keyboard, lebih baik kamu membeli saja laptop yang baru agar lebih praktis dan nyaman digunakan.

Performa melambat

Sumber Gambar : JalanTikus

Sebenarnya inilah yang paling ditakutnya dari laptop yang sudah lama, yaitu performa laptop yang semakin melambat.

Sebenarnya ada berbagai alasan mengapa performa laptopmu sekarang melambat, bisa saja karena adanya virus atau hardware yang sudah penuh.

Namun salah satu alasan mengapa laptopmu melambat adalah, karena laptop-mu yang mudah panas ketika digunakan.

Jika memang kondisi laptopmu sudah memperhatinkan seperti itu, berarti ada masalah pada komponen dalamnya.

Untuk lebih menghemat waktu dan tidak ribet, sebaiknya kamu beralih saja ke laptop yang baru.

Hardware tidak terdeteksi

Sumber Gambar : YouTube

Masalah paling umum dari sebuah laptop tua adalah, komponen dalamnya yang sudah tak bisa berfungsi dengan baik lagi.

Sehingga hal tersebut mengakibatkan beberapa hardware tidak terdeteksi. Jika kamu memang merasa laptopmu sudah berumur dan sudah terlalu banyak mengalami perbaikan,lebih baik segera ganti dengan yang baru.

Dengan laptop baru kamu akan lebih cepat menyelesaikan tugas-tugas tanpa adanya kendala yang tidak kamu inginkan.