Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Inilah 4 Tanda Sudah Saatnya iPad Kamu Minta Ganti

Indri Penulis

Penasaran apakah iPad-mu masih layak pakai atau nggak? Mungkin kamu bisa baca beberapa tanda iPad minta ganti berikut ini.

Sebagai pengguna iPad, pernah nggak sih kamu merasa tiba-tiba iPad-mu sudah ketinggalan zaman? Mungkin desain yang dulunya ramping, sekarang menurutmu sudah membosankan dan bahkan kalah ramping dengan iPad keluaran terbaru. Atau mungkin iPad-mu sudah mulai kewalahan menjalankan aplikasi-aplikasi masa kini.

Yah sebenarnya, iPad tidak datang dengan tanggal kadaluwarsa. Hanya saja, tetap ada beberapa hal yang bisa jadi tanda kalau iPad sudah minta ganti. Lalu apa saja tandanya? Mari kita simak.

Kompatibilitas iPadOS

Sudah bukan rahasia lagi jika semua sistem operasi harus ditingkatkan dari waktu ke waktu. Fungsinya yakni untuk menyediakan patch keamanan, menambah fitur baru, dan terkadang juga untuk menghapus fitur lama. iPadOS pun tidak berbeda.

Kalau iPad-mu sudah terlalu tua untuk menjalankan iPadOS versi terbaru, tabletmu mungkin tidak akan mendapatkan patch keamanan dan fitur yang lebih canggih.

Apple sendiri cukup baik hati dalam pembagian update iPadOS. Terbukti selama ini Apple masih mengizinkan iPadOS keluaran terbaru untuk menjamah beberapa iPad lama. Tapi kalau iPad-mu saat ini tidak masuk dalam daftar kompatibilitas untuk iPadOS terbaru, mungkin sudah waktunya kamu mengganti iPad-mu.

LCD Rusak dan Tampilan Sering Macet

Sebagai perangkat berbasis layar sentuh, sensitivitas layar pada iPad tentu menjadi hal yang sangat penting. Karena jika layar sudah tidak terlalu sensitif atau bahkan macet, hal tersebut bisa menghambat produktivitas pengguna.

Layar iPad yang sering macet atau kurang sensitif bisa menjadi tanda LCD iPad rusak. Hal tersebut memang tidak bisa dihindari, apalagi untuk iPad yang sudah bertahun-tahun dipakai. Jadi solusinya iPad perlu diganti dengan yang baru.

Baca Juga:  Mengenal Continuity Perangkat Apple (iPhone, iPad, Mac, Apple Watch)

Kinerja Baterai Buruk

Semua iPad hadir dengan baterai lithium-ion isi ulang, yang menawarkan masa pakai cukup lama. Tapi seiring berjalannya waktu, kinerja baterai akan terus mengalami penurunan. Apalagi kalau iPad sudah dipakai selama bertahun-tahun.

Apple mengiklankan masa pakai baterai 10 jam untuk mayoritas iPad modern saat dipakai browsing lewat WiFi. Kalau masa pakai baterai iPad-mu jauh di bawah angka 10 jam, berarti ada yang salah pada baterai tabletmu. Mungkin itu tanda baterai iPad rusak dan saatnya diganti dengan iPad versi baru.

iPad Sering Kehabisan Ruang Penyimpanan

Tanda lain kalau kamu perlu ganti iPad adalah saat tabletmu terus-terusan kehabisan ruang penyimpanan. Dan salah satu problem pemilik iPad lama adalah kapasitas penyimpanan mereka seolah tidak seimbang dengan ukuran aplikasi yang ada saat ini.

Mungkin saat pertama kali menginstal aplikasi tersebut di iPad, tidak ada masalah. Masalah baru muncul setelah ada update pada aplikasi tersebut, dan ukurannya jauh melampaui ukuran aplikasi saat pertama kali diinstal. Ini dia yang bikin boros ruang penyimpanan.

Kalau aplikasi tersebut sering kamu pakai, kamu jelas tidak bisa mencopot pemasangan aplikasi tersebut hanya demi ‘melonggarkan’ ruang penyimpanan. Solusinya bagaimana, kamu perlu ganti iPad yang lebih kekinian. Pasalnya mereka hadir dengan opsi penyimpanan internal yang lebih longgar. Contohnya iPad Pro M1 hadir dengan ruang penyimpanan hingga 2TB.


Itu tadi beberapa tanda sudah saatnya iPad minta ganti. Kalau kebetulan iPad-mu mengalami beberapa tanda di atas, sepertinya sudah waktunya kamu buat upgrade ke iPad yang lebih kekinian.