Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Tap Titans: Secepat Apa Jarimu Mengalahkan Musuh?

Anom Penulis

Tap Titans adalah sebuah game populer di Android dan iOS. Tap Titans Windows Phone sebenarnya sudah hadir beberapa waktu lalu. Namun sempat ditarik dari bursa karena performa yang kurang baik, terutama di ponsel dengan RAM 512. Saat ini Tap Titans sudah kembali hadir. Saat yang tepat untuk mencoba.

Menurut saya, Tap Titans merupakan game arcade dengan bumbu RPG. Dari sisi permainan, game ini sama dengan Make It Rain. Bedanya, Kalau Make It Rain menggunakan gestur swipe, maka Tap Titans–seperti namanya–menggunakan tap. Itulah cara mengalahkan titan yang menjadi musuh kita. Tap terus sampai ia musnah.

Setiap kita mengalahkan titan, kita akan mendapat koin. Nilai koin ini akan terus bertambah seiring meningkatnya stage. Koin tersebut bisa digunakan untuk menambah level (damage per second/DPS), termasuk punya jurus-jurus sakti. Bisa juga untuk menambah teman–yang juga bisa ditingkatkan levelnya–untuk membantu melawan musuh.

Dari waktu kewaktu, akan ada peri melintas di atas dengan membawa peti. Kalau kita tap, peti akan jatuh dan terbuka. Isinya adalah bonus permainan. Bisa berupa jurus atau koin.

Seperti sudah saya sebut di atas, jurus merupakan bagian dari meningkatnya level. Jurus ini memiliki batas waktu penggunaan. Setelah waktu habis, kita harus menunggu sampai jurus tersebut aktif kembali.

Dalam satu stage permainan, ada beberapa gelombang. Dalam tiap gelombang, ada sepuluh titan yang harus kita kalahkan. Titan kesepuluh adalah bosnya. Dalam boss fight, ada batasan waktu untuk mengalahkannya (lihat indikator warna putih di bawah heatlh musuh di atas). Tap secepat mungkin sampai indikator health (warna merah) bergerak lebih cepat dari waktu.

Bagaimana kalau kalah cepat? Ya tidak apa-apa. Permainan terus berjalan. Cuma stage berhenti sementara sampai kita bisa mengalahkan si bos. Kita akan kembali melawan titan biasa sampai koin kita cukup untuk melakukan upgrade.

Teman-teman kita juga akan tetap bertarung dengan musuh walau kita keluar dari game. Ya, sama seperti Make It Rain. Jadi begitu kita bermain lagi, sudah ada koin menunggu kita. Rekan seperjuangan kita bisa dibunuh oleh titan. Ia bisa hidup lagi setelah beberapa waktu. Efek negatifnya adalah pendapatan kita berkurang. Kalau mau menghidupkan lagi dengan cepat, kita bisa menggunakan permata.

Oya, selain upgrade level dan menambah teman, di Tap Titans juga ada armor yang bisa diganti dan berpengaruh pada kemampuan sang jagoan. Kemudian juga achievement yang bisa diraih untuk mendapatkan permata (untuk belanja juga).

Tap Titans memiliki tampilan grafis yang menarik. Baik desain karakter, gambar background (yang berganti tiap stage), dan warna-warnanya enak dilihat. Yang agak mengganjal, sebenarnya hanyalah gameplay-nya.

Seperti Make It Rain, game ini hanya berbasis satu gerakan saja. Tidak ada perubahan. Godaannya terletak pada perkembangan sang jagoan (alias bagaimana kita membelanjakan koin). Itu juga bukan hal sulit. Jadi yah… tidak ada tantangan yang berarti. Kalau memang nganggur alias selo, ya lumayan lah daripada lu manyun.

Game Tap Titans bisa didapat secara gratis. Besarnya hanya 47 MB. Sayangnya, game ini belum mendukung ponsel dengan RAM 512.

Benar nggak sih dugaan saya kalau game ini diinspirasi oleh manga/anime Attack on Titan (Shingeki no Kyojin)?