Taste: Rekomendasi Film Bagus Sesuai Selera

nonton film sesuai selera
Anom Penulis

Saat ingin nonton film, kita pasti mencari tahu terlebih dahulu film apa saja yang bagus. Namun kadang kita bertemu film yang kurang sesuai dengan selera. Taste adalah website yang memberi rekomendasi film bagus yang sesuai dengan apa yang kita sukai

Taste memang berbeda dengan IMDB atau Rotten Tomatoes. Alih-alih melihat pendapat kritikus dan penonton lain, atau sibuk mencari genre film tertentu, website ini akan mencari film favorit kita. Kemudian akan menyajikan rekomendasi film.

Fitur Layanan Taste

Yang jadi fitur utama di website ini tentu saja rekomendasi film. Fitur itu dibangun dengan melakukan kuis cepat (Quick Rate) berbagai film. Kita akan memilih menandai rating film sebagai awful, meh, good, atau amazing.

Proses kuis cepat ini akan berjalan dalam beberapa sesi. Makin lama, hasil rekomendasinya akan semakin spesifik. Selain Quick Rate, ada juga fitur Add Atributes (cocok ditonton sama siapa) dan Reactions (semacam review singkat).

pilih film bagus

Tampilan Taste

Saat kita mengisi Quick Rate, tampilan website akan menjadi gelap. Hanya menyisakan fokus pada panel poster film dan pilihan. Tampilan ini juga sama untuk beberapa kuis lainnya.

Selain itu, baik di tampilan rekomendasi, menelusuri semua film, dll, tampilannya seperti website biasa. Namun, berbeda dengan IMDB atau Rotten Tomatoes, rekomendasi film yang muncul dinilai sesuai kecocokan dengan hasil rating film yang kita lakukan.

Di bagian atas, ada indikator genre dari hasil kuis tersebut. Kemudian, di tiap judul film ama poin kesesuaian selera. Di bagian bawah, ada daftar film berdasarkan kategori.

Terus terang, saya agak bingung kenapa Taste memilih hadir dalam bentuk website. Rekomendasi berdasar rating film seperti ini kelihatannya lebih cocok kalau hadir dalam bentuk aplikasi. Terutama kalau memanfaatkan gestur swipe seperti Tinder. Tapi tentu saja mereka punya pertimbangan sendiri.

rekomendasi film bagus sesuai selera

Pengalaman Penggunaan

Saya mencoba layanan ini cukup lama. Bagaimana pun, saya juga cukup sering nonton film. Jadi cukup banyak bahan untuk mengukur akurasi layanan ini (saya sudah memberi rating sekitar 1000 film).

Apa yang saya temukan? Di awal, Taste memberikan rekomendasi film bagus yang cukup akurat. Karena beberapa film yang muncul sebagai saran memang film yang pernah saya tonton, saya sukai, dan kebetulan juga mendapat rating bagus secara umum.

Namun, makin lama saya gunakan — dalam arti film populer semakin berkurang — beberapa rekomendasi mulai kurang menarik. Kalau ingin menunjukkan hasil yang cukup akurat kembali, kita harus menekan tombol update matches. Jadi, tidak otomatis. Bahkan ketika kamu sudah memberi rating begitu banyak film sejak terakhir info di-update.

Rekomendasi film yang bagus memang berbeda untuk tiap orang. Karena tiap orang memiliki standar bagus sendiri. Hal inilah yang membuat Taste jadi menarik. Walau begitu, ada kemungkinan tidak semua orang membutuhkan layanan seperti ini. Tapi, kalau kamu memang suka nonton film dan hobi mencari film-film unik untuk ditonton, kemungkinan website ini bisa berguna.

    %d blogger menyukai ini: