Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

5 Teknologi Ini Bisa Jaga Keselamatanmu dalam Tiap Penerbangan

Kali ini kabar duka sedang menyelimuti Indonesia lagi, setelah beberapa waktu lalu terjadi bencana alam di Palu dan Donggala, sekarang duka kembali dirasakan oleh dunia penerbangan.

Kemarin tanggal 29 Oktober 2018 pesawat Indonesia yang bernama Lion Air JT610 telah jatuh di Tanjung Karawang.

Dibalik kecelakan yang menimpa ratusan korban tersebut, ternyata fakta lain dari perjalan menggunakan  pesawat sebenarnya adalah lebih aman ketimbang perjalanan menggunakan mobil.

Menurut beberapa penelitian bahkan sudah bisa dipastikan hingga 95,7 persen penumpang yang menggunakan pesawat akan selamat, ketimbang menggunakan alat transportasi lain.

Itu artinya tragedi kecelakan pada pesawat sepeti yang baru-baru terjadi ini sangatlah jarang. Bahkan mungkin dari kamu umur balita sampai lansia pun kamu bisa jadi tak mengalami kecelakaan pesawat sama sekali.

Memang adanya kecelakaan apapun, itu semua sudah menjadi takdir tuhan. Jadi sebagai umatnya kita hanya bisa berdoa meminta lindungannya.

Nah, untuk meminimalisir kecelakan pesawat lagi, kamu harus mengetahui beberapa teknologi yang berpengaruh besar untuk keselamatan penerbangan.

Dengan adanya teknologi-teknologi ini maka akan lebih menjaga penumpang dan awak kabin untuk bisa selamat di setiap penerbangannya.

Ini dia beberapa teknologi yang dapat menjamin keselamatan penerbangan!

Bingkai sayap

Sumber Gambar : Tribun Style – Tribunnews.com

Yang pertama dan paling penting adanya bingkai sayap pesawat. Sayap pesawat ini adalah hal yang mengalami banyak tekanan, selama lepas landas.

Adanya bingkai pesawat juga berfungsi untuk mempertahankan ketinggian dan mengendalikan saat mendarat.

Maka dari itu perkembangan bingkai pesawat yang lebih aerodinamis memang sangat penting supaya dapat mengurangi tekanan udara, jadi hal ini akan sangat membantu.

Biasanya para kru pesawat menggunakan teknologi ultasound untuk memonitori kondisi bingkai saayap.

Dan jika terjadi masalah seperti keretakan atau semacamnya, maka mereka akan menggunakan resin untuk memperbaikinya. Jika tidak langsung diperbaiki bisa saja bingkai sayap tersebut menjadi rusak, kemungkinan terburuknyapun pesawat dapat jatuh kapan saja.

Bantalan roda

Sumber Gambar : BBM News Messaging

Selain bingkai pesawat, bantalan roda adalah salah satu bagian krusial juga dari pesawat, jadi hal ini memang harus sangat diperhatikan.

Menurut inforgrafis yang dibuat oleh survival mastery, pendaratan pada pesawat memiliki tingkat keselamatn 76,6 persen, presentase ini memang lebih rendah ketimbang saat penerbangan yang mencapai hampir 96 persen.

Namun jika dibandingkan dengan saat lepas landas, maka presentase pendaratan tersebut jauh lebih tinggi.

Untuk bantalan roda terbaru dari pesawat memang harus mengalami perkembangan dan pembaruan secara rutin.

Bantalan roda yang terbaru memiliki material dengan formula keramik. Perkembangan ini akan membuat roda pesawat lebih tahan terhadap perubahan temperatur dan tekanan fisik dari pesawat saat mendarat.

Pembaca cuaca

Sumber Gambar : Steemit

Kemudian teknologi selanjutnya yang sangat membantu saat penerbangan adalah pembaca cuaca.

Kondisi cuaca yang tidak bersahabat akan mempengaruhi teknis airport, jadi akan berbahaya jika memaksakan untuk tetap terbang.

Dan dengan adanya pembaca cuaca akan membantu para profesional di bagian aiport untuk dapat melindungi penumpang dan para awak kabin menggunakan data cuaca tersebut.

Radar menara pengawas

Sumber Gambar : transportation.gov

Jika kalian pernah melihat sebuah menara pengawas, maka disana terdapat radar. Radar ini yang akan terus menerus memberikan informasi mengenai peta kondisi lalu lintas yang ada di udara.

Adanya berita terbaru yang ada diudara di dapat dari data yang terintegrasi pada GPA di dalam pesawat-pesawat yang sedang terbang.

Dengan adanya GPA tersebut, pilot akan mendapatkan informasi mengenai keadaan di sekitar mereka.

Peta digital kokpit

Sumber Gambar : Electronic Note

Dengan adanya perkembang teknologi seperti sekarang, membuat para pilot tidak lagi melihat peta melalui kertas, melainkan sudah dikembangkan dengan adanya peta digital yang ditampilkan di kokprit.

Peta digital tersebut akan memudahkan para pilot untuk membaca peta dan mengetahui info tentang halangan-halangan yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Dan sampai sekarang teknologi untuk menjamin keselamatan dan keamaan saat penerbangan terus dikembangkan.