Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Ini Dia 6 Teknologi Pendahulu Tablet

Siapa yang sangka bahwa tablet yang termasuk sebuah teknologi canggih ini, ternyata sudah berumur 100 tahun lamanya.

Untuk dapat menjadi sebuah tablet dengan bentuk elegan dan canggih seperti sekarang ini, tentunya semua itu membutuhkan perjalanan yang panjang.

Di era yang serba canggih seperti sekarang, kita sudah mengenal sebuah alat teknologi yang bernama tablet PC.

Tablet PC ini bisa dibilang sebuah komputer yang bukan komputer, bagaimana tidak? Alat ini hanya memiliki layar tanpa adanya keyboard dan mouse.

Jadi bisa disimpulkan bahwa tablet PC ini merupakan sebuah komputer yang sangat praktis dan bisa dibawa berpergian kemana saja.

Munculnya tablet PC ini ternyata sebelumnya datang dari gambaran teknologi yang ada di film atau komik-komik sains fiksi yang lainnya.

Setelah melewati berbagai trial and error, kegagalan dan percobaan, akhirnya sebuah perusahaan mampu menciptakan tablet-tablet canggih semacam iPad.

Namun sebelum iPad muncul, tablet-tablet lainnyapun juga pernah diluncurkan. Nah, ini dia beberapa teknologi dari tahun 1800 hingga 2000 yang menjadi prototype tablet PC di zaman sekarang.

Teleautograph (1888)

Sumber Gambar : commons.wikimedia.org

Teknologi yang pertama adalah Teleautograph yang diciptakan pada tahun 1888. Teleautograph ini bisa dibilang merupakan komputer tablet paling purba yang pernah ada.

Dirancang dengan pena spesial yang tersambung dengan senar, teknologi ini akan mengirimkan sebuah pesan yang bertuliskan tangan tersebut kepada orang lain melalui via telegraf.

RAND tablet (1964)

Sumber Gambar : RAND Corporation

Selang beberapa puluh tahun setelah itu akhirnya muncul sebuah teknologi baru yang bernama RAND tablet di tahun 1964.

RAND tablet ini merupakan teknologi yang hadir di  dunia modern. Tablet ini hadir dengan ukuran 10 inci dan dilengkapi dengan opsi-opsi lainnya, seperti menu, menggambar diagram, hingga menulis software menggunakan digital stylus.

Dynabook (1968)

Sumber Gambar : flickr.com

Membahas tentang komputer tablet, bisa dibilang teknologi yang satu ini adalah cikal bakal dari adanya komputer tablet.

Dynabook adalah sebuah teknologi yang dicptakan pada tahun 1968. Komputer yang berukuran sebesar buku ini telah dilengkapi dengan touchpad keyboard.

Konsep awal dari Dynabook ini adalah pensil dan kertas, jadi tak heran jika bentuknya menyerupai buku.

Namun sangat disayangkan, akhirnya Dynabook harus berakhir juga karena teknologi yang belum cukup memadai untuk digunakan.

Apple Graphics Tablet (1979)

Sumber Gambar : 1BULAN 1MILYAR.COM

Dan tahun demi tahun akhirnya perusahan Apple berusaha meluncurkan teknologi baru pada tahun 1979 yaitu Apple Graphics Tablet.

Pada teknologi ini Apple sudah mulai merancang prototype dari iPad. Alasan diberi nama Apple Graphics Tablet karena produk ini merupakan komputer tablet pertama yang dipasarkan untuk rumah.

Apple Graphics Tablet ini merupakan aksesoris untuk Apple II yang dirancang dengan teknologi magnetostriction.

KoalaPad (1984)

Sumber Gambar : Graphics Tablet

Untuk produk yang satu ini , incarannya adalah pasar anak-anak. KoalaPad ini merupakan komputer tablet yang diciptakan pada tahun 1984.

Fungsi dari KoalaPad ini pun berbeda dengan komputer pada umumnya, KoalaPad lebih terasa seperti mainan yang digunakan anak-anak untuk menggambar di sekolahan.

Ukuran dari KoalaPad ini pun hanya sekitar 10 inci dan memiliki resolusi yang cukup kecil, namun untuk masalah spesifikasinya, komputer tablet jenis ini sudah mulai menggunakan teknologi touch screen langsung melalui tangan.

Microsoft Tablet PC (2000)

Sumber Gambar : Business Insider

Dan akhirnya pada tahun 2000, Mirosoft berhasil meluncukan sebuah tablet PC di era milenium. Microsoft Tablet PC ini masih mengalami masa pengembanngan hingga tahun 2002.

Sang pecentus dari Microsoft Tablet PC ini, yaitu Bill Gates meyakini bahwa produk buatannya ini akan menjadi PC yang tidak ada batasannya.

Dengan waktu  sekitar 5 tahunan, Microsoft Tablet PC ini akan menjadi PC paling populer di Amerika Serikat.

Nah itu dia beberapa sejarah tablet hingga muncul seperti sekarang, apakah kalian pernah mempunyai salah satu diantaranya?