Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Tren: Ternak Kambing Domba Melalui Aplikasi

Baiklah, kalian mungkin aneh saat membaca judul ini. Ternak kambing menggunakan aplikasi smartphone? jangan-jangan itu cuman game saja? yang mirip dengan tamagotchi. Bukan, kita benar-benar bisa beternak kambing melalui aplikasi smartphone secara online.

Mungkin sama seperti kalian saat ini. Saat mendengar bahwa beternak kambing bisa dilakukan secara online, saya cukup terkejut, karena hal itu sangat jauh berbeda dengan kesan yang saya dapatkan selama ini tentang beternak kambing.

Angon, merupakan salah satu startup dari Indonesia yang memiliki ide tersebut. Sesuai dengan namanya yang berarti beternak, perusahaan ini menawarkan kerjasama untuk beternak kambing kepada para penggunanya.

Bagi kita kaum urban, tentu akan mengerutkan dahi, mengapa harus beternak kambing? apakah itu adalah bisnis yang menguntungkan? apakah itu keren? jika kalian bertanya kepada saya, maka akan saya jawab ‘Ya!’

Kebutuhan daging kambing (dan sapi tentu saja) di Indonesia sangat tinggi. Menurut data BPS di tahun 2013, permintaan daging kambing mencapai hampir 3 juta ton. Tentu saja angka tersebut akan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dengan angka tersebut, sudah jelas market dari bisnis ini.

Keuntungan apa yang bisa kita peroleh dari ternak kambing domba menggunakan aplikasi? ada banyak hal (kalian bisa melihatnya disini), tapi bagi saya atau kalian yang tidak memiliki modal yang cukup banyak, beternak kambing secara online ini akan menjadi alternatif investasi selain emas atau reksadana. Dan bisa menjadi solusi murah untuk persiapan hari raya qurban.

Jadi bagaimana caranya ternak kambing domba secara online? kita cukup memasang aplikasi Angon di smartphone (saat ini baru tersedia untuk Android) -> mendaftarkan diri -> memilih jenis kambing yang ingin diternakkan -> membayar -> selesai. Semudah itu.

Ada beberapa jenis kambing domba yang ditawarkan, yaitu Merino, Garut dan Gembel. Selain bisa memilih jenisnya, kita bisa memilih umur dan berat dari hewan tersebut. Hal ini akan mempengaruhi harga beli dan nilai ROI yang akan kita dapatkan.

Setelah memilih jenis kambing, kalian akan ditunjukkan perhitungan perkiraan ROI selama tiga bulan. Jika sudah yakin, kita bisa memilih tombol ‘Beli Sekarang’ untuk melakukan transaksi. Ada dua metode pembayaran, yaitu melalui Tcash dan transfer bank.

Setelah transaksi selesai, dan kita memiliki kambing tersebut di aplikasi, maka kita akan melihat history perkembangan hewan ternak kita.

Kesimpulan

Saat mencoba menggunakan layanan dari Angon ini, saya cukup tertarik dengan inovasinya. Kemudahan dalam bertransaksi dan laporan perkembangan rutin adalah nilai lebih dari layanan yang mereka berikan. Sayangnya, ketersediaan hewan ternak belum terlalu banyak. Ketika saya mencoba untuk membeli domba, hanya ada jenis kambing gembel saja yang ready stock, dua jenis lainnya sudah sold out.

Sebenarnya Angon tidak hanya menyediakan kambing domba saja, ada juga pilihan ternak sapi pada aplikasinya.

Jadi untuk siapa aplikasi ini? tentu saja untuk kalian yang ingin menambah portfolio investasi selain emas atau buat kalian yang ingin mempersiapkan kambing untuk qurban. Ingat, hari raya qurban sebentar lagi, dan kalian pasti tahu kan, jika beli kambing mendekati hari raya, harganya akan melambung tinggi.

Jika kalian tertarik lebih lanjut mengenai hal ini, kalian bisa langsung mengunjungi web resminya Angon untuk tanya-jawab.

DOWNLOAD