Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Ookla Tambah Fitur Tes Video Streaming di Aplikasi Speedtest

Anom Penulis

Ookla menambahkan satu fitur baru di aplikasi Speedtest mereka, yaitu mengukur kualitas koneksi internet untuk video streaming. Fitur ini baru hadir di aplikasi Speedtest untuk iOS.

Dalam pengumumannya, Ookla menyebutkan meskipun secara umum kecepatan koneksi internet mempengaruhi kualitas video, beberapa provider memperlakukan koneksi untuk video secara berbeda.

popculture.id

Artinya, video streaming bisa bekerja secara berbeda dibanding aktivitas internet lainnya. Untuk itulah perlu ada pemutaran video khusus untuk mengukur kualitas tersebut.

Uji kecepatan video streaming akan mengukur adaptif bitrate untuk menunjukkan resolusi maksimal yang mungkin dilakukan, waktu pemuatan video, dan buffer. Dari situ, kamu bisa melihat kualitas koneksi apakah bagus atau tidak.

Selain itu, lewat tes ini kamu juga bisa melihat perangkat apa yang sesuai untuk menonton video. Apakah sesuai untuk smartphone atau di layar TV yang lebih besar.

hasil uji video streaming speedtest

Uji video streaming ini bisa kamu lakukan dengan menekan tombol ‘Play’ di aplikasi Speedtest untuk iOS. Ookla menyebutkan kalau fitur ini akan menyusul hadir di platform lain.

Selain itu, Ookla juga memperbarui beberapa hal di aplikasi Speedtest. Misalnya pemilihan jaringan, satuan ukuran, dan jenis koneksi kini hadir di menu geser di bagian bawah. Lalu riwayat hasil tes bisa kamu temukan di tombol menu di sudut kanan atas.

Di era dengan konten video yang menjadi konsumsi standar, memang wajar kalau kita ingin tahu bagaimana idealnya koneksi internet untuk itu. Tes video streaming di aplikasi Speedtest bisa memberikan informasi yang bagus.

Semoga fitur ini segera hadir di platform lain, termasuk Android dan di web.

    %d blogger menyukai ini: