TikTok Jadi Aplikasi Non-Facebook Pertama yang Capai 3 Miliar Unduhan!

TikTok resmi menjadi aplikasi non-facebook pertama yang capai 3 miliar unduhan! Pencapaian ini buktikan betapa besarnya popularitas TikTok.

Baru-baru ini, Sensor Tower Store Intelligence memposting data yang mengungkapkan kalau TikTok (termasuk versi iOS China yang disebut Douyin), adalah aplikasi non-game yang paling banyak di-download dan berpenghasilan tertinggi secara global di paruh pertama tahun 2021.

Aplikasi ini mampu mencapai 383 juta pemasangan pertama kali, dan diperkirakan telah meraup pendapatan hingga $919,2 juta dalam pengeluaran konsumen.

Namun unduhan TikTok juga sempat mengalami penurunan hingga 38% dari tahun ke tahun lho. Bahkan hampir 619 juta pada paruh pertama tahun 2020.

Tapi kejadian tersebut terjadi karena penghapusan TikTok dari toko aplikasi India (konflik China dan India dulu). Walau begitu, belanja konsumen di TikTok justru meningkat 73% dari $530,2 juta pada tahun periode lalu.

Sumber : SensorTower

Boleh dibilang, popularitas TikTok mulai menanjak tajam pada tahun 2021, dengan unduhan pertama kali yang meningkat sebesar 2% (meningkat jadi 177,5 juta pemasangan) dari kuartal keempat tahun 2020.

Lanjut dari Q1 – Q2 tahun 2021, TikTok lagi-lagi mengalami peningkatan jumlah unduhan yakni mencapai 16% (total 205,4 juta unduhan). Perlu digarisbawahi, ini adalah pertumbuhan paling pesat dari TikTok. Lewat pencapaian ini, TikTok berhasil memecahkan rekornya di tahun 2020 (waktu itu punya lebih dari 315 juta pemasangan).

Sumber : SensorTower

Sekarang kalau ditotal, aplikasi TikTok telah diunduh lebih dari 3 miliar kali. Menjadikannya aplikasi non-game ke-5 yang mencapainya.

Empat aplikasi sebelumnya yang pernah mencatat rekor ini adalah WhatsApp, Messenger, Facebook dan Instagram (semuanya di bawah naungan Facebook). Jadi boleh dibilang, TikTok adalah aplikasi non-Facebook pertama yang berhasil mencapai 3 miliar unduhan. Wow!

Sementara itu, kini secara global, belanja konsumen di TikTok telah melampaui $2,5 miliar. Hanya 16 aplikasi non-game yang mampu memperoleh pendapatan kotor lebih dari $1 miliar sejak 2014. Lalu hanya Netflix, Tinder, YouTube dan Tencent Video yang mampu mencapai lebih dari $2,5 miliar pendapatan kotor.

%d blogger menyukai ini: