Android 13 Akan Beri Pilihan Tingkat Kecerahan Lampu Senter Ponsel

Anom Penulis

Mungkin fitur lampu senter di ponsel kedengaran sepele. Toh kita pasti pernah memakainya. Nah, ada kabar menarik soal fitur lampu senter di Android 13. Katanya nanti kita bisa mengatur tingkat kecerahan lampu senter itu.

Ketika membaca hal ini mungkin kamu tertawa. “Apa sih gunanya?” Tunggu dulu. Kamu bisa mengatur kecerahan supaya tidak silau ketika menggunakannya waktu mati lampu, dan lebih irit baterai juga. Kemudian, kamu bisa menyesuaikan kecerahan jika memakai lampu senter ini sebagai tambahan cahaya waktu temanmu memotret sesuatu.

Yah, iPhone sudah punya fitur menyesuaikan cahaya lampu senter ini. Pengguna iPhone bisa dengan mudah mengaturnya di Pusat Kontrol. Beberapa ponsel Android juga sudah memilikinya. Tapi BELUM JADI STANDAR.

Fitur Senter di Android 13

Informasi soal tingkat kecerahan lampu senter di Android 13 ini datang dari Mishaal Rahman (via XDA). Ia menyebutkan kalau Android 13 Beta (tahap uji coba) mendapat dua API tambahan, yaitu getTorchStrengthLevel dan turnOnTorchWithStrengthLevel.

API pertama berfungsi untuk mengembalikan kondisi kecerahan lampu senter. Sedangkan yang kedua mengatur tingkat kecerahan dari 1 sampai batas maksimum yang ditentukan oleh produsen ponsel.

Saat ini, beberapa skin Android dari merek tertentu memang sudah memiliki fitur ini. Misalnya di ponsel Samsung Galaxy dengan One UI yang bisa kamu akses di Quick Setting. Tapi mungkin tidak semua merek memilikinya.

lampu senter di galaxy a32
lampu senter di Samsung Galaxy A32

Dengan penambahan pengaturan kecerahan di Android 13, Google akan menerapkan fitur ini menjadi standar. Artinya, semua ponsel Android akan memiliki fitur ini.

Perusahaan pembuat ponsel Android harus menerapkan kode aplikasi kamera tertentu (hardware abstraction layer / HAL) untuk bisa memberikan pilihan kecerahan pada pengguna. Tentu, ketika fitur ini jadi standar, semua pasti akan menerapkannya.

Ya, pengaturan lampu senter baru di Android 13 ini memang mungkin memang fitur kecil. Namun kadang beberapa fitur kecil seperti inilah yang membedakan skin Android merek satu dengan lainnya. Tentu ketika semakin seragam, maka pengalaman pemakaian juga akan lebih baik.

    %d blogger menyukai ini: