Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

3 Komputer Jadul yang Berpengaruh Pada Perkembangan Laptop

Berkembangnya berbagai macam teknologi yang semakin canggih, membuat perubahan yang begitu banyak di dunia teknologi.

Seperti halnya perkembangan yang dialami laptop dari tahun ke tahun ini, sudah ada sejak 40 tahun yang lalu, laptop pun semakin mengalami perubahan desain setiap tahunnya.

Adanya laptop sekarang dengan desain yang begitu super ringan dan elegan adalah hasil pengembangan dari inovasi laptop jaman dulu.

Untuk menciptakan desain yang super ringan dan elegan seperti saat ini, membutuhkan proses yang cukup panjang dari tahun ke tahun.

Membuat laptop dengan kecanggihan yang ada pada saat ini, bukanlah perkara yang mudah, pasalya semua itu harus melewati trial and error. Bahkan tak jarang juga sering terjadi kegagalan dalam membuat inovasi baru.

Berikut adalah 3 laptop jadul yang berpengaruh bagi perkembangan laptop hingga menjadi seperti sekarang.

Osborne 1, mobile computer pertama di dunia (1981)

Sumber Gambar: Indrakey

Mungkin sedikit dari kalian yang mengetahui tentang mobile komputer pertama di dunia ini. Osborne 1 adalah mobile komputer pertama di dunia yang dibuat pada tahun 1981.

Osborne 1 ini bisa dikatakan sebagai kakek buyut dari semua laptop di dunia. Mobile komputer pertama kali di dunia ini memiliki layar 7 inci, dua floopy drive, baterai dan keyboard yang sudah terpasang secara otomatis dengan penutupnya.

Meskipun terlihat kecil, namun Orborne 1 ini memiliki berat 11kg atau senilai dengan lima MacBook Pro pada saat ini.

Osborne 1 ini ternyata tidak terkenal pada jamannya, namun lebih bagusnya ia menjadi inspirasi akan pontensialnya portable PC hingga menjadi sampai sekarang.

Grid Compass 1101, laptop pertama dengan pelindung luar (1983)

Sumber Gambar: forum.alienslegacy.com

Yang menunjukan komputer bergerak dan nampak benar-benar seperti laptop adalah Grid Compass 1101 yang pertama kali dirilis pada tahun 1983.

Laptop yang masih memiliki ukuran cukup besar ini di lengkapi dengan clamshell atau semacam pelindung luar pada layarnya. Compass 1101 ini dapat dilipat menghadap keyboard jika ditutup.

Dengan desain yang seperti ini, akhirnya Compas 1101 ini sukses dan terus diwariskan ke generasi-generasi laptop di jaman sekarang.

Namun sayangnya, Compas 1101 ini tidak terlalu menarik pada masanya, karna harganya yang terlalu mahal, yaitu sekitar Rp. 144 juta.

Compaq LTE dan Compaq LTE 286, notebook PC pertama (1989)

Sumber Gambar: computinghistory.org.uk

Hingga 2 generasi diluncurkan, laptop masih saja dianggap sebagai barang yang merepotkan , karena ukurannya yang besar, berat dan tidak nyaman untuk dibawa kemana-mana.

Namun akhirnya semua masalah tersebut musnah setelah hadirnya Compaq LTE dan Compaq LTE 286.

Ukuran dari kedua laptop ini dikurangi sedemikian rupa, sehingga laptop Compaq LTE dan Compaq LTE 286 hanya mempunyai berat 3 kilogram. Benar-benar berat yang berbeda jauh dengan laptop genarasi sebelumnya yang mencapai 11 kg.

Ditambah lagi, kedua laptop ini adalah laptop pertama yang dilengkapi dengan built-in hard drive dan floppy disk drive. Dengan adanya teknologi LTE ini, ternyata berhasil sukses dipasaran.

Nah itu dia, beberapa komputer jadul yang berpengaruh untuk perkembangan laptop jaman sekarang, mungkin jika tidak ada laptop-laptop diatas, kita tidak pernah melihat laptop super tipis saat ini. dan menenteng laptop yang ringan dan tipis seperti laptop jaman sekarang.