5 Tips agar Tubuh Tetap Fit dan Sehat bagi Hardcore Gamer

Di dalam dunia game terdapat 2 gamer, yaitu gamer kasual dan gamer kelas berat atau seirng disebut Hardcore Gamer.

Gamer kasual hanya bermain game ketika ada waktu senggang, dan hanya memainkan beberapa game ringan saja.

Namun gamer kelas berat atau hardcore gamer, mendedikasikan separuh hidupnya untuk bermain game, dan bisa menghabiskan waktu beratus-ratus jam di depan layar hanya untuk menyelesaikan game-game tersebut.

Dar kedua gamer diatas, yang paling beresiko adalah gamer kelas berat, karena biasanya mereka seringkali mengabaikan kesehatan, lantaran terlalu asyik bermain game.

Tapi sekarang jangan khawatirkan hal tersebut, dibawah ini adalah beberapa tips bagi hardcore gamer untuk tetap bisa menjaga kesehatan tubuh, meskipun sedang bermain game berjam-jam.

Lindungi matamu dengan aturan 20-20-20

Sumber Game : Forevergeek

Kebanyakan para gamer cenderung memiliki resiko lebih besar untuk pengurangan kualitas penglihatannya. Ini dikarenakan seringnya menatap layar monitor selama berjam-jam.

Bagi kalian para hardcore gamer, coba saja terapkan aturan 20-20-20 yang mana tiap 20 menit, kamu harus menatap hal lain selain monitor sejauh 20 kaki ( 6 meter) selama 20 detik.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan kacamata anti radiasi untuk meminimalisir kerusakan penglihatanmu.

Menjaga postur tubuh

Sumber Gambar : Metaco.gg

Sudah menjadi hal yang biasa, ketika kamu bermain game pasti akan melupakan apapun yang ada disekitarmu, termasuk dirimu sendiri.

Seringkali karena terlalu sering bermain game dan menghabiskan waktu berjam-jam didepan monitor, postur tubuhmu justru akan menjadi tidak bagus.

Oleh sebab itu, selalu ingatlah untuk duduk dengan posisi tegak lurus. Jika perlu, kamu bisa menggunakna kursi gaming khusus untuk menjaga postur tubuhmu agar tetap bagus.

Bergeraklah

Sumber Gambar : detikHealth

Saat bermain game, hal tersebut dapat membuatmu terjaga dalam satu posisi dan tentunya itu tidak baik untuk kesehatanmu.

Beberapa suber menyebutkan, jika seseorang menatap layar lebih dari tujuh jam dalam sehari, maka akan memiliki 61% resiko kematian lebih cepat dan lebih tinggi.

Maka dari itu, alangkah baiknya luangkanlah beberapa menit saja untuk berjalan, karena hal tersebut akan membantu masalah kessehatanmu.

Tak perlu melakukan latian yang intensif, cukup bergeraklah secukupmu atau melakukan latian ringan sekadarnya.

Tidur yang cukup

Sumber Gambar : Kaskus

Bagi para gamer, bermain game hingga pagi buta adalah hal yang sangat biasa. Namun jika diterus-teruskan, hal tersebut tidak baik bagi kesehatan.

Agar tubuhmu tetap fit, kamu harus sadar kapan waktunya tubuhmu membutuhkan istirahat dan tidur.

Alangkah baiknya untuk berhenti bermain game, satu jam sebelum waktu tidur, dan tidurlah enam hingga delapan jam lamanya.

Tetap terhidrasi

Sumber Gambar : detikHealth

Minum adalah salah satu hal yang paling penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Meskipun kamu menghabiskan waktu sepanjang  hari untuk bermain game, setidaknya kamu tak pernah melupakan minum.

Faktanya banyak gamer yang lupa minum karena keasyikan bermain game, dan hal ini menyebabkan dehidrasi pada tubuhnya.

Jika kamu kurang minum, kamu bisa saja sakit mata, pegal di area leher, sakit kepala, hingga rasa nyeri di jari dan pergelangan tangan.

Saat bermain main, bawalah air di dekatmu yang sekiranya tampak, bisa dijangkau, dan posisinya tidak mengganggu permainanmu.

Namun tetap berhati-hatilah saat meletakan minuman, karena bisa saja tanpa senagaja kamu menumpahkannya hingga mengenai komputermu.

Nah itu dia beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat bermain game. Ingat! Kamu boleh mencinta game-mu, namun tetap cintailah tubuhmu juga.

Karena kamu tidak akan bisa mengulang kesehatan, seperti kamu mengulang game yang kamu mainkan.