Tips Aman Mengunci WhatsApp di Smartphone Android

3-Cara-Mengunci-WhatsApp-dengan-Password-atau-Pattern-di-Android

Halo Urban People, ngobrolin tentang WhatsApp memang tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi aplikasi chatting paling populer ini sekarang sudah mempunyai segudang fitur menarik yang bisa digunakan penggunanya. Tidak heran jika kepopuleran aplikasi tersebut langsung bisa menggesar SMS dan mengalahkan sesama aplikasi chat lainnya.

Namun, buat kalian yang sudah lama menggunakan WhatsApp, apakah sudah tahu tentang bagaimana caranya mengamankan WhatsApp?

Lha memang kenapa WhatsApp harus diamankan lagi? katanya di dalam WhatsApp sudah ada Enkripsi end-to-end yang bisa mengunci pesan dan tidak bocor ke orang lain?

Iya memang betul, WhatsApp memang telah menawarkan keamanan bawaan dan bisa menjamin bahwa pesan kalian tidak akan bocor ke pihak ketiga (hacker). Tapi kalian tidak tahu juga kan, ketika kalian sedang lengah, kemudian meninggalkan smartphone begitu saja di suatu tempat. Kemudian ada teman atau saudara yang iseng-iseng membuka smartphone dan melihat pesan kalian di WhatsApp. Secara, WhatsApp tentu bersifat pribadi dan rahasia.

Mungkin selama ini kalian yang sudah tahu caranya mengamankan WhatsApp dengan menggunakan password maupun PIN. Tapi, masih ada cara lain yang lebih aman seperti fingerprint dan yang lainnya. Tentunya cara lain ini jauh lebih aman.

Bagaimana cara menggunakannya?

Kunci WhatsApp dengan fingerprint

Fingerprint merupakan suatu sistem keamanan yang kini paling populer dalam sistem smartphone. Selain fingerprint lebih mudah digunakan, metode satu ini juga diklaim paling aman. Bukan tanpa alasan mengingat fingerprint atau sidik jari manusia itu pasti berbeda. Jadi tidak akan mungkin orang lain bisa nge-hack sistem keamanan ini.

Jadi langkah pertama, kalian download dan kemudian install terlebih dahulu aplikasi smartphone yang bernama “AppLock – Fingerprint”. Kalian bisa dapatkan aplikasi tersebut secara gratis di Play Store.

Buka aplikasi dan buat “Master PIN”. Fungsi dari Master PIN ini adalah untuk berjaga-jaga apabila kalian nanti tidak bisa menggunakan fingerprint. Kalau sudah, klik “Yes” pada kolom pertanyaan yang muncul.

Klin tanda “+” yang ada di bawah. Kemudian cari aplikasi “WhatsApp”. Klik lagi tanda “+” yang ada di bawah.

Keuntungan menggunakan aplikasi adalah, kalian bisa mengunci lebih dari satu aplikasi. Caranya, kalian tinggal mengulangi cara sebelumnya saja.

Selanjutnya, akan muncul sebuah notifikasi dan kalian klik “Ok” saja. Lalu, kalian nanti akan langsung diarahkan ke “Usage Access”. Cari aplikasi “AppLock – Fingerprint”. Klik “On” untuk mengaktifkannya. Nah selesai. Aplikasi kalian sekarang sudah terkunci dengan aman.

Kunci WhatsApp dengan Menggunakan Face Recognition

BACA JUGA
Aplikasi ‘Terlarang’ yang Bisa Buat WhatsApp Kamu Canggih

Cara paling canggih yang selanjutnya adalah dengan menggunakan face recognition. Sudah pasti ya kalau wajah orang itu berbeda-beda. Kalau kita logika, tidak mungkin orang ingin nge-hack smartphone kalian dan mereka harus operasi plastik dulu. Sama sekali tidak mungkin kan? Namun jika kalian memiliki saudara kembar yang identik, menggunakan metode ini bisa berbahaya.

Jadi langkah yang pertama, kalian download dan install aplikasi “AppLock Face/Voice Recognition”. Kalian juga bisa dapatkan aplikasi ini secara gratis di Play Store.

Buka aplikasi yang tadi baru saja kalian install. Kemudian klik “I Agree” yang ada pada syarat dan ketentuan. Kemudian lanjutkan dengan memilih “Create Your Own Unlock Phrase” untuk mulai membuat kata sandi.

Langkan berikutnya kalian tinggal buat kata sandi untuk pengenalan suara. Bebas kok, kalian mau bicara apa saja. Ini digunakan aplikasi untuk menyensor suara kalian. Setelah itu klik “Centang” dan lanjut dengan mengambil foto sambil mengucapkan kata sandi kalian.

Nah sebagai jaga-jaga jika nanti terjadi hal tidak diinginkan, misalnya saat kalian lupa, atau kamera smartphone rusak, maka aplikasi ini juga menyediakan metode alternatif kok. Bisa berupa “PIN”, “Pattern”, maupun “Password”.

Kemudian lanjutkan dengan klik “Go To Android Settings”. Nanti kalian akan langsung diarahkan ke “Usage Access”. Kemudian kalian cari aplikasi “AppLock Face/Voice Recognition”. Setelah ketemu, klik “On”.

Klik “Ok, Got It”. Setelah itu akan ada daftar aplikasi smartphone kalian. Cari aplikasi “WhatsApp” maupun aplikasi lain yang ingin kalian kunci. Klik ikon “Gembok”, dan selesai deh.

Nah, cukup mudah bukan? Jadi itu tadi trik cara mengunci WhatsApp di smartphone Android yang bisa kalian praktekkan. Kalian bisa memanfaatkan sidik jari maupun sensor wajah dan suara. Lalu, menurut kalian cara mana yang paling aman? jangan ragu untuk berpendapat melalui kolom komentar ya.

Ada komentar?