Tips Ampuh Hilangkan Garis pada Layar Laptop

Masalah memang kerap terjadi pada laptop dibanding PC. Masalah yang timbul pada laptop juga beragam dan kerap membuat pemilik merasa kesal.

Tidak jarang perangkat lunak laptop seperti driver tidak kompatibel atau tidak update. Ditambah lagi dengan masalah perangkat keras laptop.

Masalah di perangkat keras yang biasa terjadi adalah, kondisi kabel ribbon atau komponen laptop lain seperti RAM dan VGA tidak bagus.

Masalah lain yang kerap muncul pada laptop adalah adanya garis di layar. Hal ini tentu sangat mengganggu pengguna laptop.

Penyebab munculnya garis pada layar laptop mungkin tidak disadari oleh pemilik. Namun hal ini masih bisa diperbaiki sendiri, dan tidak perlu bantuan orang lain.

Namun sebelum memperbaiki garis yang muncul pada layar laptop, sebaiknya cari tahu terlebih dulu penyebab munculnya garis tersebut.

Untuk mengetahui penyebab munculnya garis pada layar laptop, kalian cukup mengakses pengaturan BIOS.

Mengapa harus ke BIOS? Sebab BIOS secara teknis bukan bagian dari sistem operasi (OS) yang kalian gunakan pada laptop.

Apabila masalah garis pada layar disebabkan oleh perangkat lunak, maka garis tersebut tidak akan muncul dalam BIOS.

Namun jika garis-garis tersebut tetap muncul di BIOS, maka artinya masalah tersebut berhubungan dengan perangkat keras di laptop kalian.

Berikut tips jitu menghilangkan garis pada layar laptop:

Karena Masalah Hardware – Ganti Kabel Ribbon Laptop

Sumber Gambar : YouTube

Mungkin garis yang muncul pada layar disebabkan adanya kabel ribbon, yang menghubungkan layar laptop ke motherboard.

Seiring berjalannya waktu, kabel ribbon akan rapuh dan retak terutama pada bagian engsel. Inilah yang menyebabkan munculnya garis pada layar.

Jika seperti itu, kalian dapat mengganti kabel ribbon lama dengan yang baru. Kalian bisa membeli kabel ribbon yang sesuai dengan tipe laptop, serta memasang sendiri di laptop.

Karena Masalah Hardware – Cek Kondisi Bagian Dalam Laptop

Sumber Gambar : 123RF

Periksa bagian dalam laptop seperti RAM, VGA maupun Hardisk. Komponen-komponen tersebut mungkin saja menjadi penyebab munculnya garis pada layar.

Coba lepas RAM atau VGA (yang dapat dilepas), kemudian bersihkan pin-pin yang ada di dalamnya. Kalian juga bisa menggunakan penghapus lembek, supaya tidak merusak atau meninggalkan bekas gores pada pin RAM atau VGA.

Sementara bagi bagian Hardisk, coba periksa kabel Hardisk dan pastikan mereka sudah terpasang dengan baik atau belum.

[irp posts=”62388″ name=”5 Cara Mudah Membersihkan Keyboard Laptop”]

Karena Masalah Software – Update Driver Kartu Video atau Grafis

Penyebab umum timbulnya garis pada layar, biasanya disebabkan oleh driver-driver display (driver kartu video atau grafis) yang sudah outdated (tidak update).

Bila itu masalahnya, coba buka situs web resmi pabrikan laptop kalian. Masuklah ke halaman Support atau Download di situs tersebut.

Cari semua driver yang tersedia untuk laptop kalian (sesuai dengan OS yang saat ini sedang kalian gunakan).

Unduh driver display versi terbaru untuk laptop kalian. Install driver tersebut, kemudian restart laptop. Selanjutnya, periksa apakah garis di layar masih muncul atau belum.

Karena Masalah Software – Downgrade Driver Kartu Video

Masalah garis di layar laptop biasa muncul saat pengguna selesai memperbaharui driver kartu video. Untuk mengatasi masalah tersebut, buka Control Panel di sistem laptop.

Buka bagian Device Manager. Setelah jendela baru terbuka, cari bagian Display Adapters. Kemudian klik kanan pada driver kartu video yang ada.

Pilih menu Properties, dan disana ada akan muncul pilihan Roll Back Drivers, apabila setelah kalian update ternyata ada kesalahan pada layar laptop.